Bab I Peta Kajian Tafsir Nusantara dan Isu Relasi Gender dalam Tafsir Al Mishbah dan Tarjumn Al Mustaf d A Bias Gender dalam Tafsir dan Keadaan Kajian Tafsir Nusantara ADA STIGMA YANG BERKEMBANG DI KALANGAN kaum muslimin yang sudah lama berakar yaitu bahwa kaum lelaki lebih superior dibandingkan perempuan baik secara fisik dan psikis yang berakibat bahwa perempuan harus diperlakukan berbeda dibandingkan laki laki Stigma itu juga menghinggapi para mufassir sehingga banyak karyakarya tafsir klasik maupun modern yang bias gender sebagaimana dibuktikan dengan beberapa penelitian 1 Sejarah penafsiran ayat ayat al Quran sejak periode awal hingga sekarang di dunia Islam diwarnai dengan dua karakter 1 Beberapa kekeliruan penafsiran tentang relasi gender selama ini berakar dari bias gender baik dalam tingkat produk tafsir hasil penafsiran maupun mekanisme tafsir perangkat perangkat kebahasaan Lihat hasil hasil penelitian misalnya Nasaruddin Umar Argumen Kesetaraan Gender Perspektif al Quran Jakarta Paramadina 2001 Zaitunah Subhan Rekonstruksi Pemahaman Jender dalam Islam Agenda Sosio kultural dan Politik Peran Perempuan Jakarta elKahfi 2002 dan Tafsir Kebencian Studi Bias Gender dalam Tafsir al Quran Yogyakrta LKiS 1999 Nurjannah Ismail Perempuan dalam Pasungan Bias Laki laki dalam Penafsiran Yogyakarta LKiS 2003 Tafsir Nusantara v 1Bab I Peta Kajian Tafsir Nusantara dan Isu Relasi Gender dalam Tafsir Al Mishbah dan Tarjumn Al Mustaf d A Bias Gender dalam Tafsir dan Keadaan Kajian Tafsir Nusantara ADA STIGMA YANG BERKEMBANG DI KALANGAN kaum muslimin yang sudah lama berakar yaitu bahwa kaum lelaki lebih superior dibandingkan perempuan baik secara ...fisik dan psikis yang berakibat bahwa perempuan harus diperlakukan berbeda dibandingkan laki laki Stigma itu juga menghinggapi para mufassir sehingga banyak karyakarya tafsir klasik maupun modern yang bias gender sebagaimana dibuktikan dengan beberapa penelitian 1 Sejarah penafsiran ayat ayat al Quran sejak periode awal hingga sekarang di dunia Islam diwarnai dengan dua karakter 1 Beberapa kekeliruan penafsiran tentang relasi gender selama ini berakar dari bias gender baik dalam tingkat produk tafsir hasil penafsiran maupun mekanisme tafsir perangkat perangkat kebahasaan Lihat hasil hasil penelitian misalnya Nasaruddin Umar Argumen Kesetaraan Gender Perspektif al Quran Jakarta Paramadina 2001 Zaitunah Subhan Rekonstruksi Pemahaman Jender dalam Islam Agenda Sosio kultural dan Politik Peran Perempuan Jakarta elKahfi 2002 dan Tafsir Kebencian Studi Bias Gender dalam Tafsir al Quran Yogyakrta LKiS 1999 Nurjannah Ismail Perempuan dalam Pasungan Bias Laki laki dalam Penafsiran Yogyakarta LKiS 2003 Tafsir Nusantara v 1