Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *supervisi pendidikan* sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pengawas sekolah dan guru dalam melaksanakan tugas profesinya secara efektif. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa supervisi bukan hanya sekadar pengawasan, tetapi merupakan layanan yang bertujuan untuk memperbaiki proses instruksional, belajar, dan kurikulum di sekolah. Supervisi dilakukan melalui berbagai tahapan seperti *pre-conference*, *pengamatan*, dan *post-conference*, serta dilengkapi dengan diagnosis dan dialog yang intensif antara supervisor dan guru. Penulis juga menekankan pentingnya kualitas profesional guru dalam konteks pemberdayaan dan pengembangan potensi peserta didik. Di tengah tantangan dan dinamika dunia pendidikan yang kompleks, kolaborasi antara supervisor dan guru menjadi kunci untuk mencari solusi solutif terhadap berbagai permasalahan pendidikan yang dihadapi. Buku ini memberikan wawasan tentang berbagai *proto-tipe* guru dan pendekatan supervisi yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis realitas, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru, pengawas sekolah, dan semua pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *supervisi pendidikan* sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pengawas sekolah dan guru dalam melaksanakan tugas profesinya secara efektif. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa supervisi bukan hanya sekadar pengawasan, tetapi merupakan layanan yang bertujuan untuk memperbaiki proses instruksional, belajar, dan kurikulum di sekolah. Supervisi dilakukan melalui berbagai tahapan seperti *pre-conference*, *pengamatan*, dan *post-conference*, serta dilengkapi dengan diagnosis dan dialog yang intensif antara supervisor dan guru. Penulis juga menekankan pentingnya kualitas profesional guru dalam konteks pemberdayaan dan pengembangan potensi peserta didik. Di tengah tantangan dan dinamika dunia pendidikan yang kompleks, kolaborasi antara supervisor dan guru menjadi kunci untuk mencari solusi solutif terhadap berbagai permasalahan pendidikan yang dihadapi. Buku ini memberikan wawasan tentang berbagai *proto-tipe* guru dan pendekatan supervisi yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis realitas, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru, pengawas sekolah, dan semua pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Jumlah Halaman | 224 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-7874-43-5 |
eISBN | 978-602-313-365-9 |