Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, tujuan, fungsi, dan prinsip supervisi pembelajaran tingkat satuan pendidikan. Penulis menjelaskan secara mendalam alasan pentingnya supervisi dalam proses pembelajaran, serta sejarah singkat pengembangan supervisi di bidang pendidikan. Selanjutnya, buku ini juga menguraikan beberapa pendekatan dalam supervisi pembelajaran, seperti pendekatan ilmiah, artistik, dan klinik, serta berbagai pandangan tentang supervisi, antara lain orientasi directive, nondirective, dan collaborative. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai keterampilan supervisi yang diperlukan dalam pelaksanaan supervisi di sekolah Indonesia, serta penelitian-penelitian terkait keterampilan tersebut. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang supervisi pembelajaran tingkat satuan pendidikan, sehingga dapat menjadi acuan bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan calon guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Ketika Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP diberlakukan banyak karya tulis dan buku yang dapat dirujuk oleh guru Namun karya tulis dan buku yang dapat dirujuk oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah sebagai supervisor pendidikan termasuk supervisor pembelajaran sangatlah terbatas bahkan nyaris tidak ada Buku ini berisi tentang urgensi dan diskursus supervisi pembelajaran tingkat satuan pendidikan pendekatan supervisi scientific artistic clinic pandangan supervisi directive collaborative on focused presentation collaborative on focused negotiation dan nondirective serta keterampilan supervisi pembelajaran conceptual human dan technical
Jumlah Halaman | 216 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2011 |
ISBN | 978-602-217-044-0 |
eISBN | proses |