Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya supervisi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di madrasah. Penulis menjelaskan fungsi, tujuan, tipe, prinsip, teknik, dan proses supervisi secara komprehensif, serta memberikan panduan praktis bagi kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan supervisi secara terprogram dan berkesinambungan. Buku ini juga mengupas tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), khususnya dalam konteks peningkatan kompetensi guru dan kepala madrasah. Penulis menyoroti tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran secara efektif, termasuk kurangnya kesiapan dan konsentrasi guru dalam menyusun RPP serta kurangnya inisiatif dalam pengembangan pembelajaran yang bermakna. Buku ini menjadi acuan bagi para pemangku kebijakan pendidikan, kepala madrasah, dan guru dalam mewujudkan sistem pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan berorientasi pada pembelajaran abad ke-21.
Seorang kepala sekolah hendaknya melaksanakan kegiatan supervisi pembelajaran secara terprogram dan berkesinambungan Dari pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan sukses jika tidak ada supervisi pembelajaran Dengan supervisi pembelajaran diharapkan guru dapat melaksanakan tugas pokok mengajar lebih fokus dan peserta didik dapat belajar secara maksimal sehingga kualitas proses dan hasil belajar meningkat dan otomatis kinerja juga mengalami peningkatan
Jumlah Halaman | 144 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-8177-45-5 |
eISBN | proses |