Logo Bacabuku
SUPERVISI AKADEMIK Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya

SUPERVISI AKADEMIK Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya

Mulyadi, dan Ava Swastika Fahriana
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Supervisi Akademik: Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya* merupakan karya yang menyajikan penjelasan komprehensif mengenai konsep, teori, model perencanaan, serta implikasi dari supervisi akademik dalam konteks pendidikan Indonesia. Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Mulyadi, M.Pd.I. dan Dr. Ava Swastika Fahriana, M.Pd.I., yang berupaya menjelaskan pentingnya supervisi akademik sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini menjelaskan berbagai aspek penting dalam supervisi akademik, termasuk ruang lingkup supervisi yang mencakup unsur personal, material, dan operasional. Selain itu, buku ini juga membahas prinsip-prinsip, landasan hukum, serta latar belakang filosofis, sosial, sosiologis, kultural, psikologis, historis, dan pertumbuhan jabatan yang menjadi dasar pengembangan supervisi akademik. Dalam bab kedua, buku ini menyajikan teori-teori supervisi seperti teori developmental, serta berbagai pendekatan supervisi akademik seperti pendekatan directive, nondirective, kolaboratif, dan development. Buku ini juga menjelaskan berbagai model supervisi akademik, termasuk model konvensional, artistik, dan klinis. Selain itu, buku ini memberikan penjelasan mengenai teknik-teknik yang digunakan dalam praktik supervisi akademik. Buku ini sangat relevan sebagai referensi bagi pengawas, kepala sekolah, mahasiswa jurusan Administrasi/Manajemen Pendidikan, serta kalangan lain yang tertarik dalam pengembangan kualitas pendidikan. Buku ini juga mengingatkan pentingnya kritik, sumbangan pemikiran, dan koreksi dari berbagai pihak dalam upaya memperbaiki dan memperkaya pemahaman terhadap supervisi akademik.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku *Supervisi Akademik: Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya* merupakan karya yang menyajikan penjelasan komprehensif mengenai konsep, teori, model perencanaan, serta implikasi dari supervisi akademik dalam konteks pendidikan Indonesia. Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Mulyadi, M.Pd.I. dan Dr. Ava Swastika Fahriana, M.Pd.I., yang berupaya menjelaskan pentingnya supervisi akademik sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini menjelaskan berbagai aspek penting dalam supervisi akademik, termasuk ruang lingkup supervisi yang mencakup unsur personal, material, dan operasional. Selain itu, buku ini juga membahas prinsip-prinsip, landasan hukum, serta latar belakang filosofis, sosial, sosiologis, kultural, psikologis, historis, dan pertumbuhan jabatan yang menjadi dasar pengembangan supervisi akademik. Dalam bab kedua, buku ini menyajikan teori-teori supervisi seperti teori developmental, serta berbagai pendekatan supervisi akademik seperti pendekatan directive, nondirective, kolaboratif, dan development. Buku ini juga menjelaskan berbagai model supervisi akademik, termasuk model konvensional, artistik, dan klinis. Selain itu, buku ini memberikan penjelasan mengenai teknik-teknik yang digunakan dalam praktik supervisi akademik. Buku ini sangat relevan sebagai referensi bagi pengawas, kepala sekolah, mahasiswa jurusan Administrasi/Manajemen Pendidikan, serta kalangan lain yang tertarik dalam pengembangan kualitas pendidikan. Buku ini juga mengingatkan pentingnya kritik, sumbangan pemikiran, dan koreksi dari berbagai pihak dalam upaya memperbaiki dan memperkaya pemahaman terhadap supervisi akademik.

Detail Buku

Jumlah Halaman 248
Kategori Pendidikan
Penerbit Madani
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-0899-46-6
eISBN
SUPERVISI AKADEMIK Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya

SUPERVISI AKADEMIK Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya

Mulyadi, dan Ava Swastika Fahriana