Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Supervisi Akademik Kolaboratif* sebagai model supervisi yang berbasis pendekatan kolaboratif, yang bertujuan meningkatkan kompetensi supervisi akademik supervisor (seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru senior, dan pengawas sekolah) serta kemampuan melaksanakan pembelajaran guru guna mendukung peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Model ini didasarkan pada upaya peningkatan kompetensi supervisi akademik supervisor dan peningkatan kompetensi pedagogik serta profesional bagi guru. Pelaksanaan supervisi akademik kolaboratif dilakukan oleh supervisor yang ahli di bidang supervisi akademik dan memiliki kewenangan untuk melakukan supervisi, baik dari sisi pengalaman maupun legalitas formal. Buku ini menyajikan tahapan supervisi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, analisis, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Selain itu, buku ini juga menjelaskan mekanisme pelaksanaan, metode yang digunakan, sarana prasarana, waktu pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan supervisi akademik kolaboratif. Buku ini merupakan solusi model supervisi yang lebih baik dan lebih tepat sasaran untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik supervisor serta kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dengan pendekatan kolaboratif, buku ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang bermanfaat dalam penyelenggaraan supervisi akademik bagi guru.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Supervisi Akademik Kolaboratif* sebagai model supervisi yang berbasis pendekatan kolaboratif, yang bertujuan meningkatkan kompetensi supervisi akademik supervisor (seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru senior, dan pengawas sekolah) serta kemampuan melaksanakan pembelajaran guru guna mendukung peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Model ini didasarkan pada upaya peningkatan kompetensi supervisi akademik supervisor dan peningkatan kompetensi pedagogik serta profesional bagi guru. Pelaksanaan supervisi akademik kolaboratif dilakukan oleh supervisor yang ahli di bidang supervisi akademik dan memiliki kewenangan untuk melakukan supervisi, baik dari sisi pengalaman maupun legalitas formal. Buku ini menyajikan tahapan supervisi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, analisis, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Selain itu, buku ini juga menjelaskan mekanisme pelaksanaan, metode yang digunakan, sarana prasarana, waktu pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan supervisi akademik kolaboratif. Buku ini merupakan solusi model supervisi yang lebih baik dan lebih tepat sasaran untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik supervisor serta kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dengan pendekatan kolaboratif, buku ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang bermanfaat dalam penyelenggaraan supervisi akademik bagi guru.
Jumlah Halaman | 152 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-497-059-8 |
eISBN |