Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pentingnya *supervisi akademik* dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, terutama di tingkat SMP. Penulis, Arifuddin Kasaming, menjelaskan bahwa gairah belajar dan pencapaian prestasi belajar peserta didik sangat bergantung pada kondisi lingkungan belajar yang kondusif, yang diatur oleh interaksi antara guru dan peserta didik dalam kelas. Buku ini mengungkapkan bahwa di beberapa satuan pendidikan, seperti SMP Negeri 7 Parepare, masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan kelas, seperti kurangnya sentuhan tangan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, serta kurangnya penggunaan bahan ajar yang memadai dan konsep psikologis kontemporer dalam pembelajaran. Selain itu, dukungan manajemen sekolah dalam hal supervisi akademik juga belum sepenuhnya terwujud, sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap keaktifan dan semangat belajar peserta didik. Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan bahwa supervisi akademik merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian unjuk kerja guru menjadi salah satu komponen penting dalam proses supervisi, karena melalui penilaian tersebut, dapat diketahui aspek-aspek yang perlu dikembangkan serta cara pengembangan yang tepat. Selain itu, buku ini juga membahas karakteristik dan strategi pembelajaran, metode penelitian dalam pembelajaran, serta langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Buku ini menjadi referensi yang sangat relevan bagi para guru, pengawas, dan pemangku kepentingan pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pentingnya *supervisi akademik* dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, terutama di tingkat SMP. Penulis, Arifuddin Kasaming, menjelaskan bahwa gairah belajar dan pencapaian prestasi belajar peserta didik sangat bergantung pada kondisi lingkungan belajar yang kondusif, yang diatur oleh interaksi antara guru dan peserta didik dalam kelas. Buku ini mengungkapkan bahwa di beberapa satuan pendidikan, seperti SMP Negeri 7 Parepare, masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan kelas, seperti kurangnya sentuhan tangan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, serta kurangnya penggunaan bahan ajar yang memadai dan konsep psikologis kontemporer dalam pembelajaran. Selain itu, dukungan manajemen sekolah dalam hal supervisi akademik juga belum sepenuhnya terwujud, sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap keaktifan dan semangat belajar peserta didik. Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan bahwa supervisi akademik merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian unjuk kerja guru menjadi salah satu komponen penting dalam proses supervisi, karena melalui penilaian tersebut, dapat diketahui aspek-aspek yang perlu dikembangkan serta cara pengembangan yang tepat. Selain itu, buku ini juga membahas karakteristik dan strategi pembelajaran, metode penelitian dalam pembelajaran, serta langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Buku ini menjadi referensi yang sangat relevan bagi para guru, pengawas, dan pemangku kepentingan pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.
Jumlah Halaman | 170 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-462-715-7 |
eISBN |