Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, khususnya di tingkat SMP. Penulis, Arifuddin Kasaming, menjelaskan bahwa gairah belajar dan pencapaian prestasi belajar peserta didik sangat bergantung pada pengelolaan kelas yang baik dan kondusif. Buku ini menyoroti tantangan yang dihadapi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, seperti kurangnya penataan kelas, kurangnya interaksi yang memadai, serta minimnya penggunaan bahan ajar yang memfasilitasi pembelajaran aktif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa supervisi akademik merupakan bagian integral dari upaya membantu guru mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran. Penulis menekankan bahwa supervisi tidak hanya sebagai penilaian unjuk kerja guru, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Buku ini dilengkapi dengan strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru dan pengawas dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan berkelanjutan. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi para guru, pengawas, dan calon pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kualitas pembelajaran di sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, khususnya di tingkat SMP. Penulis, Arifuddin Kasaming, menjelaskan bahwa gairah belajar dan pencapaian prestasi belajar peserta didik sangat bergantung pada pengelolaan kelas yang baik dan kondusif. Buku ini menyoroti tantangan yang dihadapi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, seperti kurangnya penataan kelas, kurangnya interaksi yang memadai, serta minimnya penggunaan bahan ajar yang memfasilitasi pembelajaran aktif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa supervisi akademik merupakan bagian integral dari upaya membantu guru mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran. Penulis menekankan bahwa supervisi tidak hanya sebagai penilaian unjuk kerja guru, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Buku ini dilengkapi dengan strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru dan pengawas dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan berkelanjutan. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi para guru, pengawas, dan calon pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kualitas pembelajaran di sekolah.
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-462-121-6 |
eISBN |