Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi, dan masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Dalam konteks global, literasi dianggap sebagai salah satu indikator penting dalam menilai kualitas pendidikan suatu negara. Dengan hasil survei literasi yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dunia, buku ini menjelaskan bagaimana tantangan dan peluang tersebut dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Buku ini juga membahas peran penting dari media digital, khususnya smartphone, dalam menggeser kebiasaan membaca dari media cetak ke media digital. Dengan adanya peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia, terutama di kalangan masyarakat luas, dibutuhkan konten bacaan yang didesain khusus untuk platform digital agar lebih menarik dan mudah diakses. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai inisiatif dan program yang diluncurkan untuk meningkatkan minat baca, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan kegiatan-kegiatan lokal seperti GPMB dan street library. Semua upaya tersebut bertujuan untuk memperkuat kebiasaan membaca sebagai salah satu tolok ukur utama dalam meningkatkan literasi. Dalam konteks budaya, buku ini juga menyebutkan tentang kekayaan budaya Indonesia, termasuk keberagaman suku-suku yang menonjol di daratan Papua, sebagai bagian dari identitas nasional yang perlu dipertahankan dan dihargai. Dengan demikian, buku ini tidak hanya membahas isu literasi dan teknologi, tetapi juga menyajikan pentingnya menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat.
TIMIKA Suku Dani dan suku Damal di Timika Papua yang terlibat perang saudara selama sepekan akhirnya sepakat berdamai kemarin siang Kesepakatan tercapai atas upaya pemerintah daerah aparat kepolisian serta tokoh masyarakat dan agama
Jumlah Halaman | 45 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0775-5 |