Sinopsis Buku: Buku ini membawa pembaca dalam perjalanan pemahaman baru tentang konsep literasi sebagai praktik sosial yang tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga sebagai bagian dari kehidupan budaya dan identitas sosial. Dengan pendekatan kajian literasi baru (New Literacy Studies/NLS), buku ini menggambarkan bagaimana praktik literasi dijalani oleh dua kelompok yang sering diabaikan dalam masyarakat, yaitu anak jalanan dan buruh migran. Melalui pengalaman nyata dan pendekatan etnografik, penulis menunjukkan bahwa mereka bukanlah kelompok yang ‘kalah’ atau ‘tertinggal’, melainkan memiliki sumber daya dan cara unik dalam membangun pengetahuan dan mengukuhkan identitas sosial mereka. Buku ini juga menekankan bahwa literasi tidak bisa dipandang sebagai model tunggal yang otonom, melainkan sebagai bagian dari praktik budaya bangsa yang mengakar. Dengan demikian, buku ini menawarkan perspektif yang kontekstual dan autentik dalam memahami literasi sebagai alat untuk membentuk jati diri dan memperkuat potensi diri.
Sinopsis Buku: Buku ini membawa pembaca dalam perjalanan pemahaman baru tentang konsep literasi sebagai praktik sosial yang tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga sebagai bagian dari kehidupan budaya dan identitas sosial. Dengan pendekatan kajian literasi baru (New Literacy Studies/NLS), buku ini menggambarkan bagaimana praktik literasi dijalani oleh dua kelompok yang sering diabaikan dalam masyarakat, yaitu anak jalanan dan buruh migran. Melalui pengalaman nyata dan pendekatan etnografik, penulis menunjukkan bahwa mereka bukanlah kelompok yang ‘kalah’ atau ‘tertinggal’, melainkan memiliki sumber daya dan cara unik dalam membangun pengetahuan dan mengukuhkan identitas sosial mereka. Buku ini juga menekankan bahwa literasi tidak bisa dipandang sebagai model tunggal yang otonom, melainkan sebagai bagian dari praktik budaya bangsa yang mengakar. Dengan demikian, buku ini menawarkan perspektif yang kontekstual dan autentik dalam memahami literasi sebagai alat untuk membentuk jati diri dan memperkuat potensi diri.