Sinopsis Buku: Buku ini membahas pemikiran pendidikan Islam kontemporer yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh berpengaruh dalam dunia pendidikan Islam. Buku ini terdiri dari berbagai bab yang masing-masing menjelaskan biografi dan pemikiran pendidikan Islam dari tokoh-tokoh seperti Muhammad Abduh, KH. Achmad Dahlan, Kiai Wahab Chasbullah, KH. Abdul Wahid Hasyim, Harun Nasution, Hasan Langgulung, Zakiah Daradjat, Azyumardi Azra, Ahmad Tafsir, Abuddin Nata, Mujamil Qomar, dan Adian Husaini. Masing-masing bab membahas latar belakang kehidupan tokoh, latar belakang pemikiran pendidikan yang mereka terapkan, serta kontribusi mereka terhadap perkembangan pendidikan Islam di tengah dinamika sosial dan politik zaman modern. Buku ini juga menyoroti pentingnya pendidikan Islam dalam menyelaraskan nilai-nilai agama dengan realitas sosial dan perkembangan zaman. Tujuan utama dari buku ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang pemikiran pendidikan Islam yang relevan dengan konteks kontemporer, serta menggali nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan yang dapat menjadi pedoman bagi calon pendidik dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan Islam. Buku ini juga menekankan pentingnya keseimbangan antara keagamaan dan modernitas dalam membangun sistem pendidikan yang berkelanjutan dan berakar pada nilai-nilai Islam.
Buku ini yang berjudul Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer lahir atas semangat penulis untuk memberikan sumbangsih terhadap kemajuan perbaikan dan pembaharuan pendidikan Islam baik dari segi konsep sistem manajemen tujuan maupun pelaksana