Logo Bacabuku
Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Sains antara SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim Depok

Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Sains antara SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim Depok

Suparto
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian dan studi komparasi yang dilakukan oleh Suparto, S.Pd.I., M.Pd., terkait pelaksanaan pembelajaran sains antara Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ambarukmo dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode, strategi, dan efektivitas pembelajaran sains di dua lembaga pendidikan yang berbeda, baik dari segi kurikulum, sarana pembelajaran, maupun hasil belajar siswa. Dalam buku ini, penulis menyajikan hasil observasi dan analisis data yang dilakukan secara mendalam, termasuk deskripsi data, kesimpulan, saran, implikasi penelitian, serta keterbatasan penelitian. Selain itu, buku ini juga mencakup daftar pustaka dan lampiran yang melengkapi keseluruhan penjelasan dan temuan penelitian. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, calon pendidik, dan peneliti yang tertarik dalam memahami perbedaan implementasi pembelajaran sains di lingkungan pendidikan dasar, terutama dalam konteks sekolah negeri dan madrasah ibtidaiyah. Dengan studi ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran sains di tingkat SD.

Sinopsis ebook

Pendidikan adalah proses mereduksi sistem nilai dan budaya kearah yang lebih baik pada aspek pembentukan kepribadian keterampilan dan perkembangan intelektual peserta didik Dalam lembaga pendidkan formal proses reproduksi sistem nilai dan budaya dilakukan terutama mediasi proses belajar mengajar sejumlah mata pelajaran dalam kelas Salah satu mata pelajaran yang turut berperan penting dalam mengasah wawasan keterampilan dan sikap ilmiah sejak dini bagi peserta didik adalah mata pelajaran pendidikan sains Pembelajarn sains di SD MI sangat diharapkan oleh masyarakat terutama untuk merespon adanya perubahan perubahan keadaan yang begitu cepat seperti munculnya internet benda benda elektronik dan lainnya Selain itu dalam konteks era globalisasi pembelajaran sains di SD MI merupakan wahana untuk menghasilkan warga negara yang melek sains Para pakar sains sepakat bahwa dengan melibatkan peserta didik pada kegiatan sains sejak dini akan menghasilkan generalisasi dewasa yang melek sains yang dapat menghadapai tantangan hidup dalam dunia yang semakin kompettitif sehingga mereka diharapkan mampu turut serta memiliki dan mengolah informasi untuk dapat digunakan dalam mengambil keputusan Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk membuat pertimbangan pertimbangan logis yang mendasar dari keputusan yang diambil sebagai kemampuan berfikir rasional Bekal yang diperlukan untuk menguasai kemampuan tersebut mencakup kemampuan mengingat berimajinasi mengklasifikasikan membuat generalisasi membuat perbandingan melakukan evaluasi menganalisis mensintesis membuat deduksi dan membuat inferensi Dengan dikuasainya sejumlah kemampuan tersebut diharapkan peserta didik dapat menggunakan logika berdasarkan bukti yang relevan untuk membentuk gagasan sikap tindakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran sains Berdasarkan beberapa uraian di atas buku ini mencoba menguraikan beberapa permasalahan dan hambatan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran sains Sehingga diharapkan dapat memaksimalkan potensi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan belajarnya

Detail Buku

Jumlah Halaman 186
Kategori Pendidikan
Penerbit Cakrawala Satria Mandiri
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-6282-39-7
eISBN
Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Sains antara SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim Depok

Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Sains antara SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim Depok

Suparto