Sinopsis Buku: Buku ini membahas fenomena perilaku sosial siswa terutama dalam konteks tindakan mereka terhadap program pendidikan gratis serta faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku tersebut. Penulis menjelaskan berbagai aspek perilaku sosial seperti sifat, bentuk, dan konsekuensi dari tindakan siswa dalam menjalani proses pendidikan. Dalam konteks khusus, buku ini menyoroti perbedaan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA (sederajat), baik dari segi kemampuan akademik maupun kondisi ekonomi dan sosial keluarga. Dalam bab-babnya, buku ini menguraikan perilaku siswa terhadap program pendidikan gratis, sikap dan tindakan mereka dalam menghadapi peluang pendidikan tersebut, serta fenomena di lapangan yang menunjukkan cara berinteraksi sosial, ketaatan, simpati, dan keputusan siswa dalam konteks pendidikan. Penulis juga membahas faktor internal dan eksternal yang menjadi pengaruh terhadap perilaku sosial siswa, seperti kondisi ekonomi, lingkungan sosial, dan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan. Selain itu, buku ini juga menyajikan data empiris dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang menunjukkan bahwa sebagian siswa tidak melanjutkan ke jenjang SLTA, baik karena ketidakmampuan ekonomi, kurangnya minat belajar, maupun kurangnya informasi mengenai peluang pendidikan yang tersedia. Dengan demikian, buku ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika perilaku sosial siswa dalam konteks pendidikan di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas fenomena perilaku sosial siswa terutama dalam konteks tindakan mereka terhadap program pendidikan gratis serta faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku tersebut. Penulis menjelaskan berbagai aspek perilaku sosial seperti sifat, bentuk, dan konsekuensi dari tindakan siswa dalam menjalani proses pendidikan. Dalam konteks khusus, buku ini menyoroti perbedaan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA (sederajat), baik dari segi kemampuan akademik maupun kondisi ekonomi dan sosial keluarga. Dalam bab-babnya, buku ini menguraikan perilaku siswa terhadap program pendidikan gratis, sikap dan tindakan mereka dalam menghadapi peluang pendidikan tersebut, serta fenomena di lapangan yang menunjukkan cara berinteraksi sosial, ketaatan, simpati, dan keputusan siswa dalam konteks pendidikan. Penulis juga membahas faktor internal dan eksternal yang menjadi pengaruh terhadap perilaku sosial siswa, seperti kondisi ekonomi, lingkungan sosial, dan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan. Selain itu, buku ini juga menyajikan data empiris dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang menunjukkan bahwa sebagian siswa tidak melanjutkan ke jenjang SLTA, baik karena ketidakmampuan ekonomi, kurangnya minat belajar, maupun kurangnya informasi mengenai peluang pendidikan yang tersedia. Dengan demikian, buku ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika perilaku sosial siswa dalam konteks pendidikan di Indonesia.
Jumlah Halaman | 128 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-462-604-4 |
eISBN |