Sinopsis Buku: Buku ini membahas strategi peningkatan mutu pembelajaran pada sekolah unggulan, dengan pendekatan studi multi situs yang dilakukan di tiga institusi pendidikan berbeda, yaitu MI Darul Muta’alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare, dan SD Katolik Frateran 1 Kota Kediri. Melalui pendekatan ini, buku ini menjelaskan perbedaan strategi pengembangan pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah-sekolah yang memiliki latar belakang dan kondisi berbeda, seperti sekolah di pedesaan yang berada di bawah pesantren tradisional, sekolah di perkotaan yang dikelola secara modern oleh Muhammadiyah, serta sekolah yang didirikan oleh misionaris dari Belanda. Buku ini menekankan bahwa sekolah unggulan tidak hanya dapat berkembang di lingkungan kota besar atau kalangan elit, tetapi juga dapat tumbuh di berbagai wilayah dan oleh berbagai pihak, selama para pendidik memiliki komitmen, kemauan, dan kemampuan untuk menerapkan strategi peningkatan mutu pembelajaran secara maksimal. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi terkait undang-undang hak cipta, fungsi dan sifat hak cipta, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak ekonomi yang diancamkan dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penjelasan ini memberikan wawasan penting mengenai perlindungan karya cipta dan pentingnya menghormati hak intelektual dalam konteks pendidikan dan penelitian. Dengan kombinasi antara studi kasus dan analisis hukum, buku ini menjadi referensi yang relevan untuk pendidik, peneliti, dan pihak terkait dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di berbagai lingkungan pendidikan.
Membangun lembaga pendidikan bermutu telah menjadi obsesi berbagai kalangan Lembaga lembaga pendidikan swasta pun tidak mau ketinggalan dan siap bersaing dengan lembaga pendidikan negeri yang mendapat pendanaan berlimpah dari negara Tidak sedikit lembaga pendidikan swasta baik pada level dasar menengah maupun level perguruan tinggi yang muncul sebagai lembaga pendidikan favorit mengalahkan yang negeri di suatu kota Kemunculan lembaga lembaga pendidikan swasta favorit dan unggulan tentu didasari oleh suatu tekat dan komitmen seperti tertuang dalam visi misi masing masing sekolah Namun apalah arti sebuah visi dan misi yang kadang kadang tampak tidak lebih dari sekedar pajangan dan aksesori pelengkap agar lembaga bersangkutan tampak lebih berwibawa di mata para calon konsumen jasa persekolahan itu Yang lebih utama adalah bagaimana visi misi sekolah itu diimplementasikan secara nyata dalam praksis penyelenggaraan pendidikan Kelebihan sekolahsekolah unggulan tentu harus dilihat dari perspektif ini Sebab seperti kata Jakob Sumardjo 2015 sebuah pikiran tidak akan bisa merubah apa pun di dunia ini kecuali jika pikiran itu termasuk visi misi sekolah bisa diwujudkan dalam laku atau tindakan Dasar utama berbagai sekolah itu menjadi unggulan seperti tertuang dalam hasil penelitian Alfiatu Solikah ini adalah karena ketepatan dalam mengeksekusi kebijakan yang digariskan oleh pimpinan lembaga pendidikan itu Namun dalam mengeksekusi kebijakan itu perlu strategi yang jitu terutama dalam proses pembelajaran yang menjadi tanggung jawab setiap guru di sekolah yang bersangkutan
Jumlah Halaman | 418 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-401-135-2 |
eISBN | 978-623-209-439-0 |