Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi peningkatan keterampilan belajar mahasiswa dalam mata kuliah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui penerapan model pembelajaran ASSURE. Penulis menjelaskan bahwa metode pembelajaran yang kurang dikemas secara baik dan bervariasi seringkali menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memilih model ASSURE sebagai pendekatan untuk merancang dan mengelola pembelajaran secara lebih efektif. Buku ini terdiri dari empat bab yang membahas indikator keterampilan belajar, analisis penelitian tindakan kelas, model pembelajaran ASSURE, serta analisis pembelajaran PTK dengan penerapan model ASSURE. Penulis juga menjelaskan bahwa model ASSURE menggabungkan antara pengumpulan data, perencanaan, implementasi, evaluasi, dan refleksi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keterampilan belajar dan motivasi mahasiswa. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2017–2018 di IAKN Ambon, yang menjadi dasar dalam pengembangan model pembelajaran ASSURE. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan belajar secara lebih profesional dan efektif.
Buku ini terdiri dari empat BAB yang membahas mengenai indicator keterampilan belajar analisis penelitian tindakan kelas model pembelajaran ASSURE serta analisi pembelajaran PTK dengan penerapan model ASSURE Kajian ini disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat memudahkan pembaca dalam memahaminya
Jumlah Halaman | 62 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-329-030-2 |
eISBN | proses |