Bab 1 Potret Layanan Publik Era Industri 4 0 A Pelayanan Publik Era Industri 4 0 ak dapat dimungkiri apabila tuntutan terhadap peningkatan pelayanan publik di level pusat hingga pemerintah daerah otonom masih tinggi Hal ini dikarenakan pelayanan publik masih rendah dan belum mampu beradaptasi dengan zaman Saat ini kita telah memasuki Revolusi Industri 4 0 yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas interaksi dan batas antara manusia mesin dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi Reformasi Birokrasi hingga 2024 mendatang untuk memperkuat dan membangun model kelembagaan aparatur negara dan reformasi birokrasi kelas dunia Tujuannya agar terbentuknya pemerintahan yang bersih transparan dan mampu menjawab perubahan secara efektif sehingga pelayanan publik berkualitas dan berkelas dunia dapat terwujud T Public service menjadi tugas utama setiap instansi dalam pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan public welfare Tampubolon 2001 139 141 mengartikan pelayanan sebagai Orang melakukan sesuatu kebaikan bagi orang lain karena itu seorang pelayan yang baik ialah melayani bukan dilayani Sebagaimana pendapat Zeithaml dkk 2006 4 pelayanan merupakan aktivitas ekonomi bukan sekedar produk fisik atau konstruksi secara umum namun pelayanan bersifat tidak kasat mata atau tidak dapat dilihat 1Bab 1 Potret Layanan Publik Era Industri 4 0 A Pelayanan Publik Era Industri 4 0 ak dapat dimungkiri apabila tuntutan terhadap peningkatan pelayanan publik di level pusat hingga pemerintah daerah otonom masih tinggi Hal ini dikarenakan pelayanan publik masih rendah dan belum mampu beradaptasi dengan zaman Saat ini kita telah ...memasuki Revolusi Industri 4 0 yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas interaksi dan batas antara manusia mesin dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi Reformasi Birokrasi hingga 2024 mendatang untuk memperkuat dan membangun model kelembagaan aparatur negara dan reformasi birokrasi kelas dunia Tujuannya agar terbentuknya pemerintahan yang bersih transparan dan mampu menjawab perubahan secara efektif sehingga pelayanan publik berkualitas dan berkelas dunia dapat terwujud T Public service menjadi tugas utama setiap instansi dalam pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan public welfare Tampubolon 2001 139 141 mengartikan pelayanan sebagai Orang melakukan sesuatu kebaikan bagi orang lain karena itu seorang pelayan yang baik ialah melayani bukan dilayani Sebagaimana pendapat Zeithaml dkk 2006 4 pelayanan merupakan aktivitas ekonomi bukan sekedar produk fisik atau konstruksi secara umum namun pelayanan bersifat tidak kasat mata atau tidak dapat dilihat 1