Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep strategi pembelajaran yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang efektif dan berkelanjutan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi akibat pengalaman atau interaksi individu dengan lingkungannya. Proses belajar tidak hanya melibatkan peningkatan pengetahuan, tetapi juga pembentukan sikap, nilai, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam. Penulis menekankan pentingnya kualitas pendidikan sebagai penentu kualitas suatu bangsa. Kualitas pendidikan yang baik melibatkan perhatian terhadap siswa, guru, kurikulum, manajemen, serta sarana dan prasarana pendidikan. Guru, sebagai salah satu komponen utama dalam pendidikan, memiliki peran kritis dalam memandu dan mengembangkan potensi peserta didik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah seni dalam pengaturan suasana pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Strategi pembelajaran yang tepat mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya berupa pengumpulan pengetahuan, tetapi juga merupakan proses internal yang kompleks yang melibatkan seluruh aspek mental dan emosional peserta didik. Buku ini merupakan referensi penting bagi para pendidik, guru, dan pengambil kebijakan dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.
Strategi pembelajaran memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan pembelajaran Keterkaitan tersebut dapat dilihat dari gambaran perilaku maupun kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa selama dan setelah jam pelajaran untuk mencapai tujuan tersebut Da
Jumlah Halaman | 220 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-625-0 |
eISBN | proses |