Sinopsis Buku Ajar Strategi Pembelajaran SD Buku ini merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk mendukung pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). Buku ini ditujukan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sedang menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran, serta para pendidik SD yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas mereka. Buku ini menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran secara mendalam, termasuk definisi belajar, definisi pembelajaran, tipe interaksi pendidik dan peserta didik, serta implikasi teori belajar terhadap proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas hakikat strategi pembelajaran, perbedaan konsep pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran, serta prinsip-prinsip dan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat. Buku ini dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung seperti rangkuman, proyek belajar, refleksi mahasiswa, dan soal latihan, yang bertujuan untuk memperkaya pemahaman dan penerapan konsep strategi pembelajaran. Dengan berbagai pendekatan dan metode yang disajikan, buku ini berupaya untuk membentuk generasi muda yang kritis, kreatif, dan inovatif. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi para pendidik dan calon pendidik dalam meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di Sekolah Dasar.
Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran dan juga apakah tujuan pem belajaran telah tercapai secara efektif Namun sebelum itu pendidik adalah faktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran Kualitas yang dihasilkan pun akan terlihat apabila seorang pendidik dapat memahami dan menerapkan strategi strategi pembelajaran yang tepat Dengan memahami konsep strategi pembelajaran maka pendidik tidak hanya sebatas melakukan penyampaian materi atau mengajar saja Akan tetapi pendidik juga membuat peserta didik untuk belajar dengan pendekatan student centered dan dengan berbagai metode atau strategi agar proses pembelajaran dapat bermakna bagi guru dan terutama peserta didik Buku ajar Strategi Pembelajaran SD ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi PGSD di semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan para guru SD yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia Dengan demikian para mahasiswa dan juga pendidik yang terlibat dapat terinspirasi untuk membelajarkan peserta didik agar menjadi generasi yang kritis kreatif dan inovatif
Jumlah Halaman | 264 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-444-957-5 |
eISBN |