Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang *Strategi Pembelajaran PPKN*, yang merupakan bagian penting dalam pengembangan pendidikan kewarganegaraan. Buku ini terstruktur dalam enam bagian utama yang saling melengkapi dan mendukung pemahaman tentang cara mengajar PPKN secara efektif dan inovatif. Pada bagian pertama, buku menjelaskan konsep *strategi pembelajaran* dan berbagai faktor yang memengaruhi interaksi belajar mengajar, serta bagaimana menerapkan interaksi tersebut dalam proses pembelajaran. Bagian kedua membahas dasar-dasar komunikasi dalam pembelajaran, termasuk proses komunikasi, syarat keberhasilan komunikasi, dan pentingnya komunikasi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selanjutnya, buku juga menyajikan keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru pemula, seperti 8 keterampilan yang menjadi fondasi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif. Bagian kelima dan keenam membahas strategi/metode pembelajaran PPKN/IPS, termasuk pembelajaran terpadu, pemecahan masalah (Problem Solving), studi kasus, *Cooperative Learning*, *VCT-Games*, *Dialog Kreatif*, dan model pembelajaran kreatif produktif. Selain itu, buku juga menjelaskan tentang media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran yang baik. Dengan mengintegrasikan teori dan praktik, buku ini menjadi panduan lengkap bagi calon dan guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran PPKN. Buku ini juga membantu dalam membangun lingkungan pembelajaran yang kondusif, yang mendorong partisipasi aktif siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kewarganegaraan.
Buku ini ditulis untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas dengan baik Meningkatkan penguasaan strategi dan metode serta materi pelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar mahasiswa Struktur buku ini terbagi dalam 6 bagian besar Pertama membahas apa itu strategi pembelajaran faktor faktor yang memengaruhi serta penerapannya Kedua dasar dasar komunikasi dalam pembelajaran agar efektif Ketiga keterampilan dasar mengajar mengupas keterampilan dasar yang harus dikuasai guru Keempat strategi metode pembelajaran yang mengupas tentang pembelajaran terpadu studi kasus studi kasus Gilliom Cooperative Learning VCT Games Dialog Kreatif model pembelajaran kreatif produktif Kelima tentang media pembelajaran dengan membahas apa itu media manfaat media jenis media dan kriteria pemilihan media Keenam tentang evaluasi pembelajaran Khalayak pengguna buku ini terbuka untuk siapa saja seperti guru pengamat pendidikan dan yang berminat dengan pembelajaran terutama mahasiswa yang mengambil mata kuliah Strategi Pembelajaran PPKN
Jumlah Halaman | 281 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2012 |
ISBN | 978-602-217-165-2 |
eISBN | proses |