Sinopsis Buku: Buku *Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam* ini merupakan karya yang sangat relevan dan penting dalam konteks pendidikan Islam di era modern. Buku ini ditulis oleh Dr. Zubairi, M.Pd.I, dan diterbitkan oleh Penerbit Adab pada tahun 2023. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan strategi yang komprehensif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, baik di sekolah maupun madrasah. Buku ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: 1. Bagian I: Guru Pendidikan Agama Islam – Bagian ini membahas peran, fungsi, dan kualifikasi seorang guru dalam pendidikan agama Islam, serta kedisiplinan dan kepribadian yang harus dimiliki seorang pendidik. 2. Bagian II: Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam – Bagian ini menjelaskan konsep dasar pembelajaran, motivasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran efektif, serta strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 3. Bagian III: Peran Orang Tua dalam Belajar Anak – Bagian ini menekankan pentingnya perhatian, tanggung jawab, dan bimbingan orang tua dalam mendukung proses belajar anak, terutama di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. Buku ini juga menyajikan referensi yang bermanfaat bagi praktisi pendidikan, pengamat pendidikan Islam, guru, dan orang tua. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis dalam mengembangkan pendidikan agama Islam yang bermakna dan bermutu. Dengan pendekatan yang sistematis dan berbasis teori, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan dalam konteks pendidikan agama Islam di Indonesia.
Dalam dunia pendidikan Islam guru merupakan faktor penting dan utama karena guru adalah orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan kognitif psikomotorik dan afektif peserta didik dalam isltilah agama disebut dengan Aqliyah Ruhiyyah dan Jismiyah peserta didik terutama di sekolah untuk mencapai kedewasaan peserta didik sehingga ia menjadi manusia yang paripurna dan mengetahui tugas tugasnya sebagai manusia Dalam arti khusus dapat dikatakan bahwa pada setiap diri guru terletak tanggung jawab untuk membawa peserta didik kearah kedewasaan atau taraf kematangan tertentu Dalam rangka itu guru tidak semata mata sebagai
Jumlah Halaman | 160 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-497-204-7 |
eISBN | proses |