Sinopsis Buku: Buku *STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF: Teori dan Aplikasi pada Pemecahan Masalah Matematika* hadir sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan metakognitif. Buku ini menguraikan teori-teori metakognitif serta menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang efektif dalam konteks pemecahan masalah matematika. Pembelajaran matematika yang disampaikan dalam buku ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif, sehingga membangun motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar. Buku ini menekankan pentingnya penalaran, komunikasi, dan koneksi ide dalam proses pemecahan masalah matematika. Buku ini juga membahas tantangan yang sering dihadapi siswa, seperti kesulitan dalam memahami soal cerita, ketidakakuratan dalam penggunaan notasi matematika, serta kurangnya sikap kreatif dan ketekunan dalam menghadapi masalah matematika. Dengan pendekatan metakognitif, buku ini memberikan panduan praktis untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengelola proses belajar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara efektif. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru matematika, dan calon guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Dengan memahami dan menerapkan strategi pembelajaran metakognitif yang disampaikan dalam buku ini, diharapkan siswa dapat lebih percaya diri dan mampu menghadapi tantangan matematika secara lebih baik.
Melalui strategi pembelajaran metakognitif maka pemecahan masalah matematika pada siswa dapat diarahkan untuk mengembangkan kemampuan siswa antara lain membangun pengetahuan matematika yang baru memecahkan masalah dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan matematika menerapkan berbagai strategi yang diperlukan dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika Semua kemampuan tersebut dapat diperoleh bila siswa terbiasa melaksanakan pemecahan masalah menurut prosedur yang tepat sehingga cakupan manfaat yang diperoleh tidak hanya terikat pada satu masalah yang dipecahkan saja tetapi juga dapat menyentuh berbagai masalah lainnya serta mencakup aspek pengetahuan matematika yang lebih luas
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-643-4 |
eISBN | proses |