Melalui strategi pembelajaran metakognitif maka pemecahan masalah matematika pada siswa dapat diarahkan untuk mengembangkan kemampuan siswa antara lain membangun pengetahuan matematika yang baru memecahkan masalah dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan matematika menerapkan berbagai strategi yang diperlukan dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika Semua kemampuan tersebut dapat diperoleh bila siswa terbiasa melaksanakan pemecahan masalah menurut prosedur yang tepat sehingga cakupan manfaat yang diperoleh tidak hanya terikat pada satu masalah yang dipecahkan saja tetapi juga dapat menyentuh berbagai masalah lainnya serta mencakup aspek pengetahuan matematika yang lebih luas Melalui strategi pembelajaran metakognitif maka pemecahan masalah matematika pada siswa dapat diarahkan untuk mengembangkan kemampuan siswa antara lain membangun pengetahuan matematika yang baru memecahkan masalah dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan matematika menerapkan berbagai strategi yang diperlukan dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika Semua kemampuan tersebut dapat diperoleh bila siswa terbiasa ...melaksanakan pemecahan masalah menurut prosedur yang tepat sehingga cakupan manfaat yang diperoleh tidak hanya terikat pada satu masalah yang dipecahkan saja tetapi juga dapat menyentuh berbagai masalah lainnya serta mencakup aspek pengetahuan matematika yang lebih luas