Logo Bacabuku
Strategi Pembelajaran Inovatif Sains di Abad ke‐21

Strategi Pembelajaran Inovatif Sains di Abad ke‐21

Soekarman
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai strategi pembelajaran inovatif dalam bidang sains di abad ke-21, yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis dan berbasis konsep bagi para guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ini. Dalam buku ini disajikan delapan strategi pembelajaran inovatif, yaitu: 1. Pembelajaran Melalui Penemuan (Inquiry) 2. Pembelajaran Melalui Pendekatan Keterampilan Proses 3. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) 4. Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) 5. Pembelajaran Mendayagunakan Teknologi Informasi 6. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) 7. Pendekatan Terpadu Selain itu, buku ini juga menjelaskan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah, serta kelebihan dan kelemahannya. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang komponen dan format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), serta prinsip-prinsip penyusunan RPP yang efektif. Buku ini merupakan referensi yang berguna bagi para guru, pengelola pendidikan, dan calon pengajar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan IPA, serta mendorong siswa untuk lebih kritis, kreatif, dan mampu berpikir secara ilmiah. Buku ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang bermakna dan berdampak positif dalam dunia pendidikan.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai strategi pembelajaran inovatif dalam bidang sains di abad ke-21, yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis dan berbasis konsep bagi para guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ini. Dalam buku ini disajikan delapan strategi pembelajaran inovatif, yaitu: 1. Pembelajaran Melalui Penemuan (Inquiry) 2. Pembelajaran Melalui Pendekatan Keterampilan Proses 3. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) 4. Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) 5. Pembelajaran Mendayagunakan Teknologi Informasi 6. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) 7. Pendekatan Terpadu Selain itu, buku ini juga menjelaskan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah, serta kelebihan dan kelemahannya. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang komponen dan format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), serta prinsip-prinsip penyusunan RPP yang efektif. Buku ini merupakan referensi yang berguna bagi para guru, pengelola pendidikan, dan calon pengajar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan IPA, serta mendorong siswa untuk lebih kritis, kreatif, dan mampu berpikir secara ilmiah. Buku ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang bermakna dan berdampak positif dalam dunia pendidikan.

Detail Buku

Jumlah Halaman 120
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-282-8
eISBN
Strategi Pembelajaran Inovatif Sains di Abad ke‐21

Strategi Pembelajaran Inovatif Sains di Abad ke‐21

Soekarman