Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam implementasi Kurikulum 2013 di Indonesia, mulai dari kebijakan hingga pelaksanaannya di berbagai tingkat pendidikan. Buku ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: 1. Bagian 1: Seputar Kebijakan Kurikulum 2013 – Memperkenalkan latar belakang, dinamika, tantangan, dan perubahan dalam penerapan Kurikulum 2013, termasuk moratorium dan revisi Kompetensi Dasar (KD). 2. Bagian 2: Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013 – Fokus pada strategi pembelajaran aktif yang sesuai dengan era abad 21, seperti pendekatan saintifik, pembelajaran berbasis keterampilan abad 21, dan penguatan keterampilan proses guru. 3. Bagian 3: Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar HOTS – Menjelaskan cara merancang, melaksanakan, dan menilai hasil belajar yang berkualitas, serta bagaimana mewujudkan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga menyertakan lampiran berupa contoh RPP berbasis keterampilan abad 21 dan HOTS, rambu-rambu penulisan soal HOTS, serta daftar pustaka dan profil penulis. Buku ini menjadi referensi penting bagi guru, pelatih, dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadapi tantangan era abad 21.
Buku ini merupakan kumpulan tulisan yang membahas berbagai sisi dari kurikulum 2013 baik dari sisi kebijakan maupun implementasinya di sekolah yang diwarnai dengan berbagai dinamika seperti dalam hal penyusunan silabus dan RPP pelaksanaan modelmodel pembelajaran penerapan pendekatan saintifik penilaian otentik integrasi literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter PPK pembelajaran abad 21 4C pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang bercirikan Higher Order Thinking Skills HOTS hingga relevansinya dengan era revolusi industri 4 0 yang saat ini banyak menjadi bahan diskusi para praktisi dan pemerhati pendidikan
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Samudra Biru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5960-94-9 |
eISBN | proses |