Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi pemasaran dalam konteks atraksi wisata teater tradisi Calonarang Tetekan, yang merupakan bagian dari kekayaan budaya dan seni di Indonesia. Buku ini menggabungkan teori, metode, dan penerapan strategi pemasaran yang relevan dalam pengembangan wisata budaya, khususnya dalam upaya melestarikan dan mempromosikan atraksi teater tradisi yang memiliki nilai sejarah dan sosial budaya tinggi. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara mendalam tentang keberadaan atraksi wisata teater tradisi Calonarang Tetekan, termasuk tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran. Selain itu, buku ini juga memberikan gambaran tentang sejarah Puri Agung Kerambitan sebagai tempat berlangsungnya atraksi tersebut, serta sejarah usaha pemasaran wisata yang telah dilakukan di lokasi tersebut. Buku ini ditujukan untuk akademisi, pelaku pariwisata, penggiat seni budaya, serta semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya memperkuat pilar damai dunia melalui pengelolaan sumber daya budaya yang berkelanjutan.
Strategi pemasaran untuk teater tradisi belum banyak dilakukan Riset terapan yang dapat dijadikan model dalam mengkaji keberadaan teater tradisi untuk atraksi wisata yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia Model riset trategi pemasaran dapat juga dijadikan sarana membenahi strategi pemasaran yang dilakukan secara ilmiah Terukur dan tertarget untuk kurun berapa waktu Pada awalnya dikaji terlebih dahulu perihal strategi pemasaran berserta teori terkait seperti pemasaran strategi bauran peamasaran analisis SWOT strengths weaknesses opportunity dan threts hingga dapat dievaluasi kekuatan kelemahan peluang dan ancaman suatu perusahaan dan dihadapkan dengan pesaing yang sama atau sejenis Data yang dianalisis berupa data kualitaif dan kuantitaif sehingga menerapkan mix research triangulasi sehingga dalam analisisnya menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif secara berbeda dan dilanjutkan secara bersama atau terpadu Hasilnya teori metode dan penerapan riset atraksi wisata teater tradisi dapat membuat kemungkinan bentuk yang telah dikembangkan sebagai atraksi wisata tambahan dengan segementasi yang berbeda yaitu wisatawan Indonesia dalam negeri dan pewisata pelajar diperkiraan akan menambah pendapatan hingga Rp 1 M per tahun dan kegiatan atraksi wisata Teater Tradisi Calonarang Tetekan TTCT tetap berlangsung khusus untuk wisatawan mancanegara dengan pendapatan kurang lebih Rp 300 juta per tahun
Jumlah Halaman | 346 |
---|---|
Kategori | Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-497-314-3 |
eISBN | 978-623-497-505-5 (P |