Data profil kesehatan Indonesia tahun 2016 2020 menunjukkan jumlah rumah sakit di Indonesia selalu mengalami peningkatan Hal ini akan berdampak pada persaingan dalam pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh kebutuhan masyarakat akan terus beragam terhadap jasa pelayanan kesehatan Seiring dengan bertambahnya jumlah rumah sakit akan meningkatkan persaingan bisnis sehingga setiap rumah sakit perlu meningkatkan mutu pelayanan dan menetapkan strategi pemasaran sebaik mungkin agar terciptanya loyalitas pasien terhadap rumah sakit Loyalitas pasien dapat terjadi jika kualitas pelayanan pada rumah sakit dilakukan dengan baik seperti pasien diperlakukan dengan hormat dan dapat berkomunikasi baik dengan dokter serta daya tanggap sistem kesehatan dan ketersediaan layanan Data profil kesehatan Indonesia tahun 2016 2020 menunjukkan jumlah rumah sakit di Indonesia selalu mengalami peningkatan Hal ini akan berdampak pada persaingan dalam pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh kebutuhan masyarakat akan terus beragam terhadap jasa pelayanan kesehatan Seiring dengan bertambahnya jumlah rumah sakit akan meningkatkan persaingan bisnis sehingga setiap rumah sakit ...perlu meningkatkan mutu pelayanan dan menetapkan strategi pemasaran sebaik mungkin agar terciptanya loyalitas pasien terhadap rumah sakit Loyalitas pasien dapat terjadi jika kualitas pelayanan pada rumah sakit dilakukan dengan baik seperti pasien diperlakukan dengan hormat dan dapat berkomunikasi baik dengan dokter serta daya tanggap sistem kesehatan dan ketersediaan layanan