Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai strategi dan konsep yang penting dalam mengelola pembelajaran bermutu, khususnya dalam konteks pendidikan di lingkungan sekolah. Mulai dari pendahuluan yang menjelaskan pentingnya pembelajaran yang efektif dan bermutu, buku ini menyajikan berbagai bab yang meliputi definisi dan jenis-jenis pembelajaran, seperti pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran langsung dan tidak langsung, pembelajaran temaik, serta pembelajaran bermuatan karakter. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang pengelolaan kelas, faktor-faktor yang memengaruhi belajar, konsep pembelajaran bermutu, prinsip-prinsip pembelajaran, dan indikator-indikator pembelajaran yang baik. Dalam bab berikutnya, buku ini menyoroti pentingnya profesionalisme guru, termasuk definisi guru, prinsip profesionalitas, kualifikasi, kompetensi, tugas, dan tanggung jawab guru, serta hak dan kewajiban guru. Selain itu, buku ini juga membahas pendekatan sainsifik dalam pembelajaran, termasuk langkah-langkah pembelajaran sainsifik dan integrasi metode pembelajaran dengan pendekatan sainsifik. Pada bagian akhir, buku ini menyoroti efektivitas penilaian dalam pembelajaran, termasuk konsep dasar penilaian, prinsip dan karakteristik penilaian, serta teknik-teknik penilaian yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi para guru, pengawas, dosen, dan calon guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan kemampuan profesional, serta meningkatkan kinerja dalam lingkungan pendidikan. Buku ini juga menyajikan refleksi dan aksi nyata yang dapat dilakukan oleh pembaca untuk terus berkembang dalam bidang pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai strategi dan konsep yang penting dalam mengelola pembelajaran bermutu, khususnya dalam konteks pendidikan di lingkungan sekolah. Mulai dari pendahuluan yang menjelaskan pentingnya pembelajaran yang efektif dan bermutu, buku ini menyajikan berbagai bab yang meliputi definisi dan jenis-jenis pembelajaran, seperti pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran langsung dan tidak langsung, pembelajaran temaik, serta pembelajaran bermuatan karakter. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang pengelolaan kelas, faktor-faktor yang memengaruhi belajar, konsep pembelajaran bermutu, prinsip-prinsip pembelajaran, dan indikator-indikator pembelajaran yang baik. Dalam bab berikutnya, buku ini menyoroti pentingnya profesionalisme guru, termasuk definisi guru, prinsip profesionalitas, kualifikasi, kompetensi, tugas, dan tanggung jawab guru, serta hak dan kewajiban guru. Selain itu, buku ini juga membahas pendekatan sainsifik dalam pembelajaran, termasuk langkah-langkah pembelajaran sainsifik dan integrasi metode pembelajaran dengan pendekatan sainsifik. Pada bagian akhir, buku ini menyoroti efektivitas penilaian dalam pembelajaran, termasuk konsep dasar penilaian, prinsip dan karakteristik penilaian, serta teknik-teknik penilaian yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi para guru, pengawas, dosen, dan calon guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan kemampuan profesional, serta meningkatkan kinerja dalam lingkungan pendidikan. Buku ini juga menyajikan refleksi dan aksi nyata yang dapat dilakukan oleh pembaca untuk terus berkembang dalam bidang pendidikan.
Jumlah Halaman | 237 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-446-033-4 |
eISBN | 978-602-446-153-9 |