Sinopsis Buku: Buku *Strategi Membangun Literasi Sekolah: Penguatan Budaya Ilmiah Berbasis Lingkungan yang Mengasuh* merupakan karya yang ditulis oleh Moh. Yamin, dengan tujuan untuk memberikan pandangan baru tentang pentingnya literasi sebagai bagian integral dari kehidupan manusia sebagai makhluk yang terus berkembang. Buku ini berfokus pada penguatan budaya ilmiah melalui pendekatan berbasis lingkungan yang mengasuh, yang diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi di lingkungan sekolah. Dalam buku ini, penulis membahas beberapa aspek utama, di antaranya adalah makna literasi dalam konteks pendidikan, yang meliputi etika, norma, moral, dan berbagai aspek kehidupan yang berkaitan dengan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pentingnya membaca, menulis, dan belajar dari lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan kompetensi diri. Bab-bab dalam buku ini dirancang untuk memandu pembaca dalam memahami bagaimana proses belajar dapat terus berlangsung sepanjang hayat, serta menggali potensi diri melalui inspirasi dari alam raya. Buku ini juga menekankan peran guru dan peserta didik sebagai subjek pendidikan yang tidak berhenti berkembang, serta mengupas tentang tanggung jawab dan kewajiban dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung. Selain itu, buku ini berharap dapat menjadi oase bagi pembangunan kehidupan belajar dan pendidikan yang lebih berkualitas, baik di tingkat sekolah maupun dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dengan menggabungkan konsep literasi, budaya ilmiah, dan pendekatan lingkungan yang mengasuh, buku ini menawarkan strategi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi manusia yang lebih berliterasi, beretika, dan berkompeten.
Sinopsis Buku: Buku *Strategi Membangun Literasi Sekolah: Penguatan Budaya Ilmiah Berbasis Lingkungan yang Mengasuh* merupakan karya yang ditulis oleh Moh. Yamin, dengan tujuan untuk memberikan pandangan baru tentang pentingnya literasi sebagai bagian integral dari kehidupan manusia sebagai makhluk yang terus berkembang. Buku ini berfokus pada penguatan budaya ilmiah melalui pendekatan berbasis lingkungan yang mengasuh, yang diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi di lingkungan sekolah. Dalam buku ini, penulis membahas beberapa aspek utama, di antaranya adalah makna literasi dalam konteks pendidikan, yang meliputi etika, norma, moral, dan berbagai aspek kehidupan yang berkaitan dengan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pentingnya membaca, menulis, dan belajar dari lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan kompetensi diri. Bab-bab dalam buku ini dirancang untuk memandu pembaca dalam memahami bagaimana proses belajar dapat terus berlangsung sepanjang hayat, serta menggali potensi diri melalui inspirasi dari alam raya. Buku ini juga menekankan peran guru dan peserta didik sebagai subjek pendidikan yang tidak berhenti berkembang, serta mengupas tentang tanggung jawab dan kewajiban dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung. Selain itu, buku ini berharap dapat menjadi oase bagi pembangunan kehidupan belajar dan pendidikan yang lebih berkualitas, baik di tingkat sekolah maupun dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dengan menggabungkan konsep literasi, budaya ilmiah, dan pendekatan lingkungan yang mengasuh, buku ini menawarkan strategi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi manusia yang lebih berliterasi, beretika, dan berkompeten.
Jumlah Halaman | 210 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-0899-77-0 |
eISBN |