Tengku Firli Musfar Henni Noviasari Meilisa 1 1 Latar Belakang Keberhasilan komunikasi pemasaran sebuah rumah sakit dalam konteks jasa kesehatan adalah tersampaikannya sebuah pesan tentang seluruh keunggulan rumah sakit tersebut kepada calon pasien yang membutuhkan dan dengan cara yang benar Komunikasi pemasaran mensyaratkan adanya merek atau branding untuk dapat menghubungan organisasi dengan calon pengguna Karakteristik komunikasi pemasaran rumah sakit berpengaruh pada proses pemasaran kepada calon pasien Sebagai produk jasa layanan sebuah rumah sakit memiliki karakteristik sebagai berikut tidak berwujud nyata tidak dapat disimpan proses antara produksi dan konsumsi terjadi secara bersama sama merupakan komponen gabungan untuk dapat dikatakan sebagai sebuah produk jasa kesehatan Pada rumah sakit komunikasi pemasaran merupakan hal yang dinamis dan memiliki keunikan yang cenderung mengikuti perubahan dari waktu ke waktu Perubahan teori pemasaran akan berdampak pada perubahan terhadap komunikasi pe masaran sehingga senantiasa diperlukan analisis terhadap perubahan lingkungan pemasaran tersebut Untuk efektifitas dan efesiensi komunikasi penasaran diperlukan teori yang tepat agar pemasaran tercapai sesuai tujuan yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi Selanjutnya perkembangan komunikasi saat ini turut mempengaruhi sebuah industri atau organisasi sehingga akan dapat dilakukan perubahan perubahan dalam melakukan komunikasi pemasaran yang tepat Komunikasi pemasaran diperlukan oleh organisasi dengan tujuan menginformasikan produk mengingatkan kembali dan 2Tengku Firli Musfar Henni Noviasari Meilisa 1 1 Latar Belakang Keberhasilan komunikasi pemasaran sebuah rumah sakit dalam konteks jasa kesehatan adalah tersampaikannya sebuah pesan tentang seluruh keunggulan rumah sakit tersebut kepada calon pasien yang membutuhkan dan dengan cara yang benar Komunikasi pemasaran mensyaratkan adanya merek atau branding untuk dapat menghubungan organisasi ...dengan calon pengguna Karakteristik komunikasi pemasaran rumah sakit berpengaruh pada proses pemasaran kepada calon pasien Sebagai produk jasa layanan sebuah rumah sakit memiliki karakteristik sebagai berikut tidak berwujud nyata tidak dapat disimpan proses antara produksi dan konsumsi terjadi secara bersama sama merupakan komponen gabungan untuk dapat dikatakan sebagai sebuah produk jasa kesehatan Pada rumah sakit komunikasi pemasaran merupakan hal yang dinamis dan memiliki keunikan yang cenderung mengikuti perubahan dari waktu ke waktu Perubahan teori pemasaran akan berdampak pada perubahan terhadap komunikasi pe masaran sehingga senantiasa diperlukan analisis terhadap perubahan lingkungan pemasaran tersebut Untuk efektifitas dan efesiensi komunikasi penasaran diperlukan teori yang tepat agar pemasaran tercapai sesuai tujuan yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi Selanjutnya perkembangan komunikasi saat ini turut mempengaruhi sebuah industri atau organisasi sehingga akan dapat dilakukan perubahan perubahan dalam melakukan komunikasi pemasaran yang tepat Komunikasi pemasaran diperlukan oleh organisasi dengan tujuan menginformasikan produk mengingatkan kembali dan 2