Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi dalam industri perhotelan dengan fokus pada pengaruh persaingan dan orientasi pada pesaing dalam membentuk kebijakan manajemen hotel. Penulis menjelaskan bahwa dalam konteks perekonomian Indonesia yang semakin berkembang, pertumbuhan ekonomi terutama dari sektor konsumsi berbasis pengalaman (*experience-based consumption*) menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan industri perhotelan. Buku ini juga menyoroti pergeseran pola konsumsi masyarakat menuju konsumsi rekreasi dan hiburan (*leisure-based consumption*), yang berdampak signifikan pada kebutuhan dan preferensi pelanggan, khususnya generasi millennial yang menjadi pasar utama. Selain itu, buku ini menguraikan konsep-konsep teoritis seperti *Competitive Dynamic*, *Protective Motivation Theory*, *Firm Performance*, *Threat Appraisal*, *Coping Appraisal*, *Action Aggressiveness*, dan *Strength of Competition*, yang membahas dinamika respons organisasi terhadap persaingan. Penulis menjelaskan bahwa perusahaan perhotelan harus membangun orientasi pada pesaing dan budaya organisasi yang mendukung pengembangan strategi yang proaktif dan kreatif dalam menghadapi persaingan. Buku ini juga menyajikan telaah praktik strategi perhotelan, termasuk pengaruh dari *Rival Competitive Inertia* terhadap penilaian ancaman dan respons organisasi. Dengan menganalisis hubungan antara respons organisasi, motivasi perlindungan, dan kinerja perusahaan, buku ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana industri perhotelan dapat mengembangkan strategi yang efektif dan adaptif dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Buku ini sangat relevan bagi para manajer perhotelan, akademisi, dan pelaku industri jasa yang ingin memahami dinamika persaingan dan bagaimana strategi manajemen dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan.
I mplikasi manajerial menunjukkan bahwa bagi industri perhotelan persaingan dan orientasi pada pesaing akan memunculkan strategi yang berbeda yang tercermin dalam aktivitas dan pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan potensial Manajer harus membangun orientasi pada pesaing bersama dengan budaya organisasi dengan memunculkan berbagai strategi
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-8227-28-0 |
eISBN | proses |