Logo Bacabuku
Strategi Diversifikasi Korporat, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan

Strategi Diversifikasi Korporat, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan

Dr. Siti Aisjah, SE., MS
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi diversifikasi korporat, struktur modal, dan penciptaan nilai perusahaan, dengan fokus pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penulis menjelaskan konsep-konsep teoritis terkait strategi diversifikasi, yaitu diversifikasi terkait (related diversification) dan tidak terkait (unrelated diversification), serta bagaimana indeks diversifikasi berdasarkan Hirschman-Herfindahl Index (HHI) digunakan untuk mengukur tingkat diversifikasi perusahaan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan teori struktur modal optimal berdasarkan Pecking Order Theory, serta hubungan antara struktur modal dan nilai perusahaan. Dalam bagian penelitian, buku ini menyajikan proposisi konseptual dan hipotesis yang menghubungkan antara strategi diversifikasi korporat, struktur modal, dan penciptaan nilai perusahaan. Penulis juga mengusulkan diagram hipotesis untuk menjelaskan hubungan antar variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana kebijakan diversifikasi dan struktur modal dapat mempengaruhi nilai perusahaan, serta memberikan kontribusi dalam peningkatan pemahaman akademik dan praktis di bidang manajemen keuangan dan strategi bisnis. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berlandaskan teori, buku ini menjadi referensi yang relevan bagi para akademisi, praktisi bisnis, dan pembaca yang tertarik pada studi tentang pengelolaan strategi korporat dan penciptaan nilai perusahaan.

Sinopsis ebook

Perusahaan menggunakan strategi diversifikasi sebagai strategi tingkat korporat Perusahaan menerpakan strategi diversifikasi untuk meningkatkan daya saing strategis dari seluruh perusahaannya Strategi diversifikasi meningkatkan daya saing strategis juga meningkatkan total nilai perusahaan Nilai perusahaan diciptakan melalui diversifikasi related ataupun unrelated Selain itu strategi unit unit bisnis perusahaan akan meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya sesuai strategi tingkat bisnisnya Hitt et al 2001 Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menguji strategi diversifikasi korporat dan nilai perusahaan berdasarkkan pendekatan keseimbangan Trade Off Theory dan Pecking Order Theory Indeks diversifikasi related dan unrelated ditetapkan atas dasar Hierschman Herfindahl Index Variabel struktur modal terdiri dari assets utilization biaya kebangkrutan pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen Penelitian ini juga menguji rasionalitas perusahaan melakukan strategi diversifikasi koporat struktur modal dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan Hasil penelitian ini bahwa strategi diversifikasi related dan unrelated berpengaruh terhadap struktur modal dan nilai perusahaan Sikap perusahaan yang terdaftar di Indonesia mendukung pecking order theory pada diversifikasi korporat related diversifikasi unrelated sedangkan trade off theory pada diversifikasi korporat unrelated Hal ini sebagai upaya perusahaan untuk mengutamakan sumber dana internal yang berasal dari arus kas bebas sehingga dapat mengurangi risiko bisnis Implikasi kebijakan struktur modal dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan perlu mempertimbangkan strategi diversifikasi korporat baik related dan unrelated

Detail Buku

Jumlah Halaman 222
Kategori Ekonomi
Penerbit UB PRESS
Tahun Terbit 2012
ISBN 978-602-203-137-6
eISBN 978-602-203-138-3
Strategi Diversifikasi Korporat, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan

Strategi Diversifikasi Korporat, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan

Dr. Siti Aisjah, SE., MS