Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi bimbingan responsif yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buku ini menggambarkan pentingnya pembimbingan yang berbasis pada analisis permasalahan secara bottom up, yaitu tumbuh dari kondisi nyata dalam kegiatan sehari-hari di lembaga PAUD. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bimbingan yang diberikan relevan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang dihadapi guru PAUD di lapangan. Buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian manusia, yang dilakukan sejak anak lahir hingga usia enam tahun. Masa ini disebut sebagai masa emas (golden age) karena anak dalam usia ini sangat rentan dan mampu menyerap berbagai rangsangan pendidikan secara optimal. Dalam buku ini, juga dijelaskan prinsip-prinsip pembelajaran pada PAUD, seperti belajar melalui bermain, pengembangan nilai karakter, berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup, didukung oleh lingkungan yang kondusif, dan pembelajaran yang demokratis. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran penilik sebagai tenaga kependidikan yang bertugas melakukan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD. Buku ini memberikan informasi yang relevan bagi para guru PAUD, penyelenggara lembaga pendidikan anak usia dini, serta pihak terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang strategi bimbingan responsif yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buku ini menggambarkan pentingnya pembimbingan yang berbasis pada analisis permasalahan secara bottom up, yaitu tumbuh dari kondisi nyata dalam kegiatan sehari-hari di lembaga PAUD. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bimbingan yang diberikan relevan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang dihadapi guru PAUD di lapangan. Buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian manusia, yang dilakukan sejak anak lahir hingga usia enam tahun. Masa ini disebut sebagai masa emas (golden age) karena anak dalam usia ini sangat rentan dan mampu menyerap berbagai rangsangan pendidikan secara optimal. Dalam buku ini, juga dijelaskan prinsip-prinsip pembelajaran pada PAUD, seperti belajar melalui bermain, pengembangan nilai karakter, berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup, didukung oleh lingkungan yang kondusif, dan pembelajaran yang demokratis. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran penilik sebagai tenaga kependidikan yang bertugas melakukan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD. Buku ini memberikan informasi yang relevan bagi para guru PAUD, penyelenggara lembaga pendidikan anak usia dini, serta pihak terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Jumlah Halaman | 118 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-248-465-8 |
eISBN |