Strategi Belajar Mengajar

Strategi Belajar Mengajar

Rahmah Johar; Latifah Hanum

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:01:44

Deskripsi Buku

Menurut Sudjana 1995 Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar artinya usaha guru menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti tujuan bahan metode alat dan evaluasi agar dapat memengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan Sehubungan dengan usaha peningkatan kualitas hasil pendidikan maka kualitas pembelajaran harus ditingkatkan Untuk itu harus dicari strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa Dalam sistem ini pembelajaran menganut konsep kontekstual yakni proses pembelajaran menekankan pada aspek alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa Gaya lama yang berorientasi pembelajaran dari guru dan apa yang harus dilakukan bergeser ke siswa dan apa yang harus mereka lakukan dengan istilah dari teacher oriented ke student oriented Nurhadi 2003 Dari berbagai bentuk interaksi ada interaksi yang disengaja yang dikenal dengan istilah interaksi edukatif Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran oleh karena itu disebut juga dengan istilah interaksi belajar mengajar Sardiman 2005 Interaksi antara pengajar dan anak didik diharapkan merupakan proses motivasi Maksudnya bagaimana pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi serta penguatan kepada pihak anak didik sebagai subjek didik agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip mengajar adalah mempermudah dan memberikan motivasi kegiatan belajar kepada anak didik Buku ini terdiri dari beberapa bab Bab pertama membahas tentang konsep strategi belajar mengajar bab dua membahas tentang hakikat belajar dan pembelajaran bab tiga membahas tentang model model pembelajaran bab empat membahas tentang pendekatan dalam pembelajaran dan bab lima membahas tentang metode mengajar Adapun bab enam membahas tentang sumber belajar bab tujuh membahas tentang pengelolaan kelas bab delapan membahas tentang keberhasilan belajar mengajar dan bab sembilan membahas tentang pengajaran remedial dan pengayaanMenurut Sudjana 1995 Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar artinya usaha guru menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti tujuan bahan metode alat dan evaluasi agar dapat memengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan Sehubungan dengan usaha peningkatan kualitas hasil pendidikan maka kualitas pembelajaran harus ditingkatkan Untuk itu ...

Style

MLA Style
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016. Online.
Chicago Style
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Turabian Style
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum, Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
APA Style
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.
Harvard Style
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum, 2016, Strategi Belajar Mengajar, Deepublish, Yogyakarta.
IEEE Style
Rahmah Johar dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Detail Buku

Jumlah Halaman
232
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-602-401-541-1
eISBN
978-623-7022-91-6

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua