Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang *Strategi Belajar Mengajar*, yang dirancang untuk mendukung pembelajaran di lingkungan pendidikan formal, khususnya bagi dosen, guru, dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Strategi Belajar Mengajar di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Buku ini merupakan revisi dari Modul Strategi Belajar Mengajar yang sebelumnya diterbitkan oleh FKIP Universitas Syiah Kuala tahun 2016, dengan penambahan dan penyesuaian berdasarkan Kurikulum 2013 serta hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas konsep dasar strategi belajar mengajar, hakikat belajar dan pembelajaran, serta berbagai aspek terkait pengelolaan kelas dan sumber belajar. Dalam bab-bab tersebut, penulis menjelaskan pengertian, model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan, komponen keterampilan pengelolaan kelas, dan penataan ruang kelas yang mendukung lingkungan belajar yang kondusif. Buku ini juga menyertakan informasi terkait *UU No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta*, termasuk fungsi, sifat, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak cipta yang relevan dengan konteks penggunaan karya cipta dalam pembelajaran. Buku ini juga menyebutkan strategi belajar mengajar yang berbasis pada prinsip-prinsip hakikat belajar dan pembelajaran, serta memberikan panduan praktis untuk pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan berbasis penelitian. Buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca yang ingin meningkatkan kemampuan dalam merancang dan menerapkan strategi belajar mengajar yang efektif dan berkelanjutan.
Menurut Sudjana 1995 Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar artinya usaha guru menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti tujuan bahan metode alat dan evaluasi agar dapat memengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan Sehubungan dengan usaha peningkatan kualitas hasil pendidikan maka kualitas pembelajaran harus ditingkatkan Untuk itu harus dicari strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa Dalam sistem ini pembelajaran menganut konsep kontekstual yakni proses pembelajaran menekankan pada aspek alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa Gaya lama yang berorientasi pembelajaran dari guru dan apa yang harus dilakukan bergeser ke siswa dan apa yang harus mereka lakukan dengan istilah dari teacher oriented ke student oriented Nurhadi 2003 Dari berbagai bentuk interaksi ada interaksi yang disengaja yang dikenal dengan istilah interaksi edukatif Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran oleh karena itu disebut juga dengan istilah interaksi belajar mengajar Sardiman 2005 Interaksi antara pengajar dan anak didik diharapkan merupakan proses motivasi Maksudnya bagaimana pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi serta penguatan kepada pihak anak didik sebagai subjek didik agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip mengajar adalah mempermudah dan memberikan motivasi kegiatan belajar kepada anak didik Buku ini terdiri dari beberapa bab Bab pertama membahas tentang konsep strategi belajar mengajar bab dua membahas tentang hakikat belajar dan pembelajaran bab tiga membahas tentang model model pembelajaran bab empat membahas tentang pendekatan dalam pembelajaran dan bab lima membahas tentang metode mengajar Adapun bab enam membahas tentang sumber belajar bab tujuh membahas tentang pengelolaan kelas bab delapan membahas tentang keberhasilan belajar mengajar dan bab sembilan membahas tentang pengajaran remedial dan pengayaan
Jumlah Halaman | 232 |
---|---|
Kategori | Pendidikan - Pendamping Pelajaran - Pengayaan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-401-541-1 |
eISBN | 978-623-7022-91-6 |