Sinopsis Buku: Buku ini membahas strategi belajar mengajar matematika yang dirancang untuk membantu pendidik, mahasiswa, dan pecinta matematika dalam merancang dan menerapkan metode pengajaran yang efektif. Buku terdiri dari delapan bab yang saling terkait dan berisi materi yang komprehensif serta praktis. Bab pertama menjelaskan hakikat belajar mengajar matematika, termasuk pengertian strategi, belajar mengajar, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Bab kedua membahas kurikulum, termasuk hakikat, fungsi, tujuan, dan implementasinya. Bab ketiga menjelaskan berbagai aliran belajar mengajar matematika, seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanisme. Bab keempat mengupas pendekatan belajar mengajar matematika, termasuk pendekatan pemecahan masalah, open ended, realistik, dan kontekstual. Bab kelima membahas metode belajar mengajar matematika, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan inkuiri. Bab keenam menjelaskan teknik belajar mengajar matematika, termasuk strategi mengajukan pertanyaan dan taksonomi Bloom. Bab ketujuh dan kedelapan membahas model dan evaluasi belajar mengajar matematika untuk memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif dan berkelanjutan. Buku ini dilengkapi dengan rangkuman dan tugas akhir setiap bab untuk memperkaya pemahaman pembaca. Buku ini dirancang sebagai referensi yang praktis dan mendukung pengembangan kemampuan pendidik dalam mengajar matematika secara efektif dan inovatif.
Makna strategi belajar mengajar matematika sesungguhnya bertumpu pada dua hal yaitu pendidik dan peserta didik Di mana pendidik dan peserta didik tersebut diberikan kesempatan untuk melakukan proses kegiatan belajar matematika yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik Agar proses belajar mengajar matematika berjalan dengan lancar harus didukung oleh kurikulum yang berorientasi pada pengembangan dan peningkatan perilaku peserta didik Aliran belajar mengajar matematika menjadi dasar teori dalam proses kegiatan belajar mengajar Ketepatan memilih teori belajar akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan peserta didik Begitupun sebaliknya Selanjutnya keberhasilan kegiatan belajar mengajar matematika sangat bergantung pada ketepatan pendidik dalam memilih pendekatan metode teknik dan model belajar Ketepatan memilih pendekatan metode teknik dan model belajar dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar aktif kreatif dan inovatif Pada era teknologi digital saat ini proses belajar mengajar matematika khususnya di negara Indonesia sudah saatnya berbasis teknologi agar mampu bersaing dengan negara lain dalam menyongsong society 5 0
Jumlah Halaman | 238 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-384-104-7 |
eISBN | 978-623-384-105-4 |