Konflik merupakan salah satu esensi dari kehidupan dan perkembangan manusia yang memiliki karakteristik yang beragam Berbagai perbedaan identitas label keyakinan budaya dan hal hal lain yang melekat dalam diri setiap manusia senantiasa menimbulkan konflik Selama masih terdapat perbedaan tersebut konflik tidak bisa dihindari dan senantiasa terjadi Konflik juga lazim terjadi di sekolah Konflik ibarat pedang bermata dua di satu sisi bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan dan di lain sisi bisa merugikan dan mendatangkan malapetaka jika digunakan untuk menyulut api pertikaian yang merugikan Demikian halnya pada organisasi di sekolah meskipun kehadiran konflik kerap menimbulkan ketegangan tetap dibutuhkan demi kemajuan dan perkembangan sekolah Namun kesemuanya juga bergantung pada pimpinan dan stakeholder dalam upaya menciptakan menyikapi dan mengatasi konflik melalui manajemen sebagai alat untuk mencapai tujuan dari satuan pendidikan Konflik merupakan salah satu esensi dari kehidupan dan perkembangan manusia yang memiliki karakteristik yang beragam Berbagai perbedaan identitas label keyakinan budaya dan hal hal lain yang melekat dalam diri setiap manusia senantiasa menimbulkan konflik Selama masih terdapat perbedaan tersebut konflik tidak bisa dihindari dan senantiasa terjadi Konflik juga lazim terjadi di ...sekolah Konflik ibarat pedang bermata dua di satu sisi bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan dan di lain sisi bisa merugikan dan mendatangkan malapetaka jika digunakan untuk menyulut api pertikaian yang merugikan Demikian halnya pada organisasi di sekolah meskipun kehadiran konflik kerap menimbulkan ketegangan tetap dibutuhkan demi kemajuan dan perkembangan sekolah Namun kesemuanya juga bergantung pada pimpinan dan stakeholder dalam upaya menciptakan menyikapi dan mengatasi konflik melalui manajemen sebagai alat untuk mencapai tujuan dari satuan pendidikan