Sinopsis Buku: Buku *Standar Pengawas Sekolah & Madrasah: Petunjuk Praktis bagi Pengawas untuk Pemberdayaan Kepala Sekolah/Madrasah dan Guru Menuju Sekolah/Madrasah Unggul* merupakan panduan praktis yang ditujukan kepada para pengawas sekolah dan madrasah. Buku ini disusun untuk meningkatkan kompetensi para pengawas dalam menjalankan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabnya, terutama dalam pemberdayaan kepala sekolah/madrasah dan guru menuju peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini menguraikan enam dimensi kompetensi yang harus dikuasai oleh pengawas sekolah/madrasah, yaitu: 1. Kompetensi Kepribadian 2. Kompetensi Supervisi Manajerial 3. Kompetensi Supervisi Akademik 4. Kompetensi Evaluasi Pendidikan 5. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan 6. Kompetensi Sosial Buku ini juga menjelaskan bahwa pengawas memiliki peran penting dalam memastikan proses pendidikan berjalan secara efektif dan efisien, serta dalam mengatasi berbagai masalah yang muncul di sekolah/madrasah. Dengan memahami standar pengawasan dan kompetensi yang dibutuhkan, para pengawas dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik secara akademik maupun non-akademik. Selain itu, buku ini juga menyampaikan pentingnya diagnosa terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekolah/madrasah, agar tindakan yang diambil dapat tepat sasaran dan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan secara keseluruhan. Buku ini diharapkan menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi para pengawas dalam melakukan pembinaan, pembimbingan, dan pemberdayaan kepala sekolah/madrasah serta guru menuju terwujudnya sekolah/madrasah unggul yang mampu menghadapi tantangan dinamis dunia pendidikan saat ini.
Salah satu kompetensi pengawas yang mendasari seluruh kompetensi lainnya karena berkaitan dengan aspek nilai dan sikap serta motivasi dan komitmen adalah kompetensi kepribadian Tanpa didukung oleh pribadi Standar Pengawas Sekolah Madrasah yang baik maka pengawas tidak akan dapat menunaikan tugasnya secara optimal terutama dalam membina para kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan teretentu
Jumlah Halaman | 570 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-990-9 |
eISBN | proses |