Untuk mengetahui kualitas sebuah proses belajar mengajar tentu saja dibutuhkan sebuah evaluasi terhadap masing masing unsur baik guru siswa maupun sistemnya Karenanya adanya evaluasi atau penilaian menjadi sangat penting Namun karena faktor perbedaan kemampuan sarana lokasi dan latar belakang pedoman penilaian kelas yang diterapkan menjadi berbeda beda Akibatnya hasilnya pun turut berbeda Maka agar tidak terjadi ketimpangan antara lembaga pendidikan yang satu dengan lainnya dibuatlah standar penilaian kelas yang disepakati bersama Buku ini merupakan pedoman komprehensif dari serangkaian standar penilaian kelas yang bertujuan untuk membantu memberikan pemahaman tentang bagaimana seharusnya penilaian kelas dibuat dijalankan kemudian dioptimalkan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal Dengan melakukan penilaian kelas yang benar berdasarkan standar yang disepakati maka tak ada alasan untuk tidak mendapatkan kemajuan dan keberhasilan suatu proses belajar mengajar Untuk mengetahui kualitas sebuah proses belajar mengajar tentu saja dibutuhkan sebuah evaluasi terhadap masing masing unsur baik guru siswa maupun sistemnya Karenanya adanya evaluasi atau penilaian menjadi sangat penting Namun karena faktor perbedaan kemampuan sarana lokasi dan latar belakang pedoman penilaian kelas yang diterapkan menjadi berbeda beda Akibatnya hasilnya pun turut ...berbeda Maka agar tidak terjadi ketimpangan antara lembaga pendidikan yang satu dengan lainnya dibuatlah standar penilaian kelas yang disepakati bersama Buku ini merupakan pedoman komprehensif dari serangkaian standar penilaian kelas yang bertujuan untuk membantu memberikan pemahaman tentang bagaimana seharusnya penilaian kelas dibuat dijalankan kemudian dioptimalkan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal Dengan melakukan penilaian kelas yang benar berdasarkan standar yang disepakati maka tak ada alasan untuk tidak mendapatkan kemajuan dan keberhasilan suatu proses belajar mengajar