Secara doktrinal agama bersifat permanen yang tidak bisa berubah sekalipun terjadi perubahan sosial Akan tetapi begitu agama menjadi milik manusia maka tidak bisa dihindari terjadinya tiga aktivitas manusia yaitu pemahaman penghayatan dan pengamalan terhadap agama Dengan demikian makna agama yang laten muncul dalam berbagai bentuk baik interpretasi maupun aktualisasi sebagai wujud dari manifes agama Selanjutnya agama yang telah diolah manusia sebagai dasar yang membentuk pandangan dunia world view maka agama telah berubah posisi dari kebenaran yang absolut menjadi kebenaran yang relatif Akan tetapi sering manusia tidak menyadari hal tersebut sekalipun yang mereka sebut kebenaran absolut ajaran agama hanyalah terbatas pada sejumlah simbol sebagai hasil pemahaman penghayatan dan pengamalan ajaran agama Sikap yang demikian cenderung melahirkan konflik di kalangan umat beragama bukan hanya konflik yang bersifat eksternal yaitu antar umat yang berbeda agama melainkan juga intemal yaitu antar penganut dalam satu agama Tetapi dalam pemahaman agama yang didasari solidaritas spiritualitas maka perbedaan agama tidak menghalangi mereka untuk hidup dalam suasana ukhuwah antara satu dengan lainnya Dari fakta sosial kelihatan bahwa agama dalam persepsi manusia adalah suatu subsistem sosial di antara sekian banyak subsistem sosial lainnya seperti politik ekonomi pendidikan dan hukum Dalam kaitan itu karena agama telah larut berinteraksi dalam berbagai kehidupan sosial maka agama juga tidak bisa dihindari terlibat dalam proses interaksi dengan berbagai subsistem tersebut Sebagai hasil dari interaksi itu maka tidak bisa dihindari terjadinya berbagai realitas saling memengaruhi antarsubsistem sosial Di antara wujud dari proses interaksi itu adalah muncul gagasan untuk melakukan pemurnian dan pembaruan terhadap interpretasi agama Pemurnian diperlukan untuk menyaring laten agama dari manifes agama Demikian juga pembaruan diperlukan untuk mendorong posisi agama sebagai landasan etos kerja menuju kehidupan beragama yang dinamis kreatif dan inovatif Demikianlah pentingnya agama bagi kehidupan manusia dan juga pentingnya subsistem sosial memperkaya pemahaman penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama Secara doktrinal agama bersifat permanen yang tidak bisa berubah sekalipun terjadi perubahan sosial Akan tetapi begitu agama menjadi milik manusia maka tidak bisa dihindari terjadinya tiga aktivitas manusia yaitu pemahaman penghayatan dan pengamalan terhadap agama Dengan demikian makna agama yang laten muncul dalam berbagai bentuk baik interpretasi maupun aktualisasi sebagai wujud ...dari manifes agama Selanjutnya agama yang telah diolah manusia sebagai dasar yang membentuk pandangan dunia world view maka agama telah berubah posisi dari kebenaran yang absolut menjadi kebenaran yang relatif Akan tetapi sering manusia tidak menyadari hal tersebut sekalipun yang mereka sebut kebenaran absolut ajaran agama hanyalah terbatas pada sejumlah simbol sebagai hasil pemahaman penghayatan dan pengamalan ajaran agama Sikap yang demikian cenderung melahirkan konflik di kalangan umat beragama bukan hanya konflik yang bersifat eksternal yaitu antar umat yang berbeda agama melainkan juga intemal yaitu antar penganut dalam satu agama Tetapi dalam pemahaman agama yang didasari solidaritas spiritualitas maka perbedaan agama tidak menghalangi mereka untuk hidup dalam suasana ukhuwah antara satu dengan lainnya Dari fakta sosial kelihatan bahwa agama dalam persepsi manusia adalah suatu subsistem sosial di antara sekian banyak subsistem sosial lainnya seperti politik ekonomi pendidikan dan hukum Dalam kaitan itu karena agama telah larut berinteraksi dalam berbagai kehidupan sosial maka agama juga tidak bisa dihindari terlibat dalam proses interaksi dengan berbagai subsistem tersebut Sebagai hasil dari interaksi itu maka tidak bisa dihindari terjadinya berbagai realitas saling memengaruhi antarsubsistem sosial Di antara wujud dari proses interaksi itu adalah muncul gagasan untuk melakukan pemurnian dan pembaruan terhadap interpretasi agama Pemurnian diperlukan untuk menyaring laten agama dari manifes agama Demikian juga pembaruan diperlukan untuk mendorong posisi agama sebagai landasan etos kerja menuju kehidupan beragama yang dinamis kreatif dan inovatif Demikianlah pentingnya agama bagi kehidupan manusia dan juga pentingnya subsistem sosial memperkaya pemahaman penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama