Kerangka CASEL Collaborative for Academic Social and Emotional Learning menjadi landasan konseptual pembelajaran sosial emosional mengeksplorasi dampak trauma dan Self Regulated Learning SEL pada perkembangan siswa memberikan perspektif yang mendalam mengenai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses pembelajaran Pentingnya membangun visi positif dalam pendidikan merupakan bagian yang dibahas dalam buku ini dimulai dengan strategi membangun keterlibatan dan kesuksesan siswa dilanjutkan dengan pendekatan berbasis kekuatan sebagai landasan dalam membentuk karakter siswa Pentingnya pendekatan berbasis kekuatan dalam konteks pendidikan menjadi fokus serta bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana membangun visi positif bagi setiap individu Selain itu buku ini juga mengupas implementasi pembelajaran sosial emosional dalam proses pendidikan Tahapan implementasi Sosial Emosional Learning SEL menjadi fokus utama dan tahap eksplorasi sebagai langkah krusial dalam menggali potensi siswa Dengan demikian pembelajaran tidak hanya bersifat akademis tetapi juga mencakup aspek sosial dan emosional siswa Di bagian akhir buku ini mengemukan kesimpulan dan rangkuman dari keseluruhan buku ini Harapan penulis semoga buku ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman dan implementasi pembelajaran sosial emosional serta memberikan inspirasi kepada para pembaca untuk terus berinovasi dalam memajukan dunia pendidikan Kerangka CASEL Collaborative for Academic Social and Emotional Learning menjadi landasan konseptual pembelajaran sosial emosional mengeksplorasi dampak trauma dan Self Regulated Learning SEL pada perkembangan siswa memberikan perspektif yang mendalam mengenai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses pembelajaran Pentingnya membangun visi positif dalam pendidikan merupakan bagian yang dibahas dalam buku ...ini dimulai dengan strategi membangun keterlibatan dan kesuksesan siswa dilanjutkan dengan pendekatan berbasis kekuatan sebagai landasan dalam membentuk karakter siswa Pentingnya pendekatan berbasis kekuatan dalam konteks pendidikan menjadi fokus serta bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana membangun visi positif bagi setiap individu Selain itu buku ini juga mengupas implementasi pembelajaran sosial emosional dalam proses pendidikan Tahapan implementasi Sosial Emosional Learning SEL menjadi fokus utama dan tahap eksplorasi sebagai langkah krusial dalam menggali potensi siswa Dengan demikian pembelajaran tidak hanya bersifat akademis tetapi juga mencakup aspek sosial dan emosional siswa Di bagian akhir buku ini mengemukan kesimpulan dan rangkuman dari keseluruhan buku ini Harapan penulis semoga buku ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman dan implementasi pembelajaran sosial emosional serta memberikan inspirasi kepada para pembaca untuk terus berinovasi dalam memajukan dunia pendidikan