Logo Bacabuku
Smart Holiday : Wisata Literasi Di Ruang Publik

Smart Holiday : Wisata Literasi Di Ruang Publik

Soleha
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini ditulis berdasarkan kekhawatiran penulis terhadap kondisi dan kualitas daya minat membaca masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang terpuruk di peringkat ke-60 dari 61 negara di dunia dalam survei PISA. Data UNESCO menunjukkan bahwa minat baca orang Indonesia hanya sebesar 0,001%, artinya dari 1.000 orang hanya 1 orang yang gemar membaca. Hal ini menjadi motivasi penulis untuk menulis buku ini, dengan tujuan menumbuhkan literasi melalui gerakan nyata yang konkret dan berkelanjutan. Buku ini membahas penyebab rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan siswa SMP yang berada di peringkat paling bawah dalam survei PISA. Penulis juga menggambarkan keadaan sosial dan budaya yang memengaruhi minat baca, seperti kebiasaan anak-anak Indonesia yang lebih memilih bermain di mall dan berbelanja daripada menghabiskan waktu untuk membaca. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai strategi dan cara untuk membumikan literasi di Indonesia, termasuk peran penting perpustakaan, taman bacaan di ruang publik, serta peluang wisata literasi di mall dan RPTRA. Buku ini juga mengupas tantangan dan peluang dalam mengembangkan literasi abad 21, serta pentingnya gerakan literasi keluarga dan sekolah untuk mendorong minat baca dan pembelajaran yang lebih baik. Dengan pemaparan yang jelas dan berbasis data, buku ini menjadi panduan praktis dan inspiratif bagi semua pihak yang ingin membangun budaya membaca dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini ditulis berdasarkan kekhawatiran penulis terhadap kondisi dan kualitas daya minat membaca masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang terpuruk di peringkat ke-60 dari 61 negara di dunia dalam survei PISA. Data UNESCO menunjukkan bahwa minat baca orang Indonesia hanya sebesar 0,001%, artinya dari 1.000 orang hanya 1 orang yang gemar membaca. Hal ini menjadi motivasi penulis untuk menulis buku ini, dengan tujuan menumbuhkan literasi melalui gerakan nyata yang konkret dan berkelanjutan. Buku ini membahas penyebab rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan siswa SMP yang berada di peringkat paling bawah dalam survei PISA. Penulis juga menggambarkan keadaan sosial dan budaya yang memengaruhi minat baca, seperti kebiasaan anak-anak Indonesia yang lebih memilih bermain di mall dan berbelanja daripada menghabiskan waktu untuk membaca. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai strategi dan cara untuk membumikan literasi di Indonesia, termasuk peran penting perpustakaan, taman bacaan di ruang publik, serta peluang wisata literasi di mall dan RPTRA. Buku ini juga mengupas tantangan dan peluang dalam mengembangkan literasi abad 21, serta pentingnya gerakan literasi keluarga dan sekolah untuk mendorong minat baca dan pembelajaran yang lebih baik. Dengan pemaparan yang jelas dan berbasis data, buku ini menjadi panduan praktis dan inspiratif bagi semua pihak yang ingin membangun budaya membaca dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Detail Buku

Jumlah Halaman 116
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-641-3
eISBN
Smart Holiday : Wisata Literasi Di Ruang Publik

Smart Holiday : Wisata Literasi Di Ruang Publik

Soleha