Sinopsis Buku: Buku *Sistem Penilaian Pembelajaran: Teori dan Praktik* merupakan upaya penulis untuk menjawab kebutuhan akan referensi yang komprehensif mengenai sistem penilaian dalam konteks Kurikulum 2013. Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep, prinsip, dan penerapan penilaian dalam proses pembelajaran. Penulis menjelaskan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik bukan sekadar alat untuk menilai kemajuan, tetapi juga sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pembelajaran dan mengevaluasi keberhasilan belajar. Dalam buku ini, penulis membahas pentingnya kriteria sebagai dasar pembanding dalam menilai, serta menjelaskan bahwa penilaian seharusnya mencakup perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penulis juga menekankan bahwa penilaian merupakan bagian integral dari upaya mencapai tujuan pengajaran, baik dari peserta didik maupun guru. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan teoritis yang terstruktur dan contoh praktis yang relevan, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep penilaian dalam berbagai konteks pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para guru, calon guru, mahasiswa pendidikan, dan semua pihak yang tertarik memahami dan mengembangkan sistem penilaian yang efektif dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Sinopsis Buku: Buku *Sistem Penilaian Pembelajaran: Teori dan Praktik* merupakan upaya penulis untuk menjawab kebutuhan akan referensi yang komprehensif mengenai sistem penilaian dalam konteks Kurikulum 2013. Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep, prinsip, dan penerapan penilaian dalam proses pembelajaran. Penulis menjelaskan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik bukan sekadar alat untuk menilai kemajuan, tetapi juga sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pembelajaran dan mengevaluasi keberhasilan belajar. Dalam buku ini, penulis membahas pentingnya kriteria sebagai dasar pembanding dalam menilai, serta menjelaskan bahwa penilaian seharusnya mencakup perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penulis juga menekankan bahwa penilaian merupakan bagian integral dari upaya mencapai tujuan pengajaran, baik dari peserta didik maupun guru. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan teoritis yang terstruktur dan contoh praktis yang relevan, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep penilaian dalam berbagai konteks pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para guru, calon guru, mahasiswa pendidikan, dan semua pihak yang tertarik memahami dan mengembangkan sistem penilaian yang efektif dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-0899-74-9 |
eISBN |