Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang sistem komunikasi anak dengan hambatan pendengaran, dengan fokus pada upaya pengembangan keterampilan bahasa dan komunikasi yang efektif. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi bagi mahasiswa calon pendidik, serta para profesional di bidang pendidikan inklusi, dalam memahami tantangan dan potensi komunikasi anak dengan hambatan pendengaran. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama membahas konsep dasar sistem komunikasi anak dengan hambatan pendengaran, termasuk rasional, tujuan, dan sistematika penulisan. Bagian kedua berfokus pada bina persepsi bunyi dan irama, yang merupakan aspek penting dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak. Di bagian ini, penulis menjelaskan pendekatan dan metode latihan, jenis-jenis pengajaran, asesmen, serta program khusus dalam bina persepsi bunyi dan irama (BKPBI). Bagian ketiga membahas metode manual/bahasa isyarat, termasuk asal dan sejarah perkembangan bahasa isyarat, serta hubungan antara komunikasi dan bahasa isyarat. Penulis menjelaskan hakikat bahasa isyarat sebagai sistem komunikasi yang kaya akan makna dan struktur, yang dapat menjadi alat bantu dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi anak dengan hambatan pendengaran. Buku ini juga menyediakan berbagai metode dan sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi anak dengan hambatan pendengaran. Harapan penulis adalah bahwa buku ini dapat menjadi sumbangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.
Bahasa ibu dikuasai anak mendengar apabila terdapat dua kondisi terpenuhi yaitu akses terhadap bahasa dan jumlah yang besar dan kata pertama yang diucapkan anak mama Anak dengan hambatan pendengaran mampu melakukan akses terhadap sejumlah besar bahasa
Jumlah Halaman | 163 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-02-3284-8 |
eISBN | 978-623-02-3336-4 |