Sinopsis Buku: Buku *Seru Belajar IPA dengan Metode Inkuiri* ini dirancang untuk memandu siswa dalam proses belajar sains dengan pendekatan yang lebih menarik, kreatif, dan efektif. Buku ini mengenalkan metode inkuiri sebagai cara pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif, kritis, dan inovatif dalam mengeksplorasi konsep IPA. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga belajar untuk bertanya, mencari jawaban, dan membangun pemahaman secara mandiri. Buku ini mencakup berbagai topik penting dalam pembelajaran IPA, seperti pengertian belajar, motivasi belajar, metode inkuiri, proses pembelajaran, serta hasil evaluasi. Penulis menjelaskan bahwa belajar bukan hanya sekadar menghafal, tetapi merupakan proses perubahan dalam diri seseorang yang mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan metode inkuiri, siswa diharapkan dapat mengembangkan rasa ingin tahu, kecerdasan, ketabahan, dan kemampuan berpikir kritis yang merupakan kunci dalam meraih ilmu pengetahuan. Buku ini juga menekankan pentingnya bimbingan guru dalam proses belajar, serta kesabaran dan komitmen dalam menuntut ilmu. Dengan struktur yang jelas dan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi siswa, guru, dan orang tua dalam memperkaya proses belajar mengajar IPA. Buku ini sangat cocok untuk siswa yang ingin belajar IPA secara menyenangkan dan efektif.
Inkuiri merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif sehingga pengetahuan dan mental berkembang secara optimal Pembelajaran dengan metode ini memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi serta mendorong siswa untuk menyelidiki masalah dan menemukan informasi Beberapa karakteristik keberhasilan penggunaan model inkuiri yaitu meningkatkan skor tes akademik memperkuat keyakinan diri meningkatkan sikap positif dalam belajar mengkondisikan siswa menjadi penemu dan petualang pengetahuan meningkatkan daya akomodasi ilmiah meningkatkan motivasi belajar secara intrinsik meningkatkan kemampuan dan strategi bernalar secara kritis serta meningkatkan sikap dan perilaku positif terhadap mata pelajaran dan para guru selama berlangsungnya pembelajaran
| Jumlah Halaman | 108 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-272-632-1 |
| eISBN |