Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan *Series of Pictures* sebagai media dalam pembelajaran *Narrative Text* dengan pendekatan *Contextual Teaching and Learning (CTL)*, khususnya untuk siswa kelas VIII. Buku ini merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonosegoro pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun *Narrative Text* melalui pendekatan kontekstual yang memadukan gambar-gambar sebagai media pembelajaran. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas secara terstruktur tentang bahasa Inggris sebagai alat komunikasi, empat keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis), serta peran media dalam pembelajaran. Selanjutnya, buku ini menjelaskan secara rinci tentang *Series of Pictures* sebagai media pembelajaran, kelebihannya, dan bagaimana media ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran *Narrative Text*. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pendekatan *CTL*, komponen-komponen utamanya, serta implementasinya dalam pembelajaran. Penulis menjelaskan kerangka berpikir dan hipotesis tindakan yang menjadi dasar dalam penelitian, serta metode penelitian yang digunakan, termasuk setting, subjek, teknik pengumpulan data, validasi, dan analisis data. Buku ini dilengkapi dengan deskripsi kondisi awal dan kondisi akhir pembelajaran, serta tindak lanjut yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para praktisi pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun *Narrative Text* melalui pendekatan kontekstual yang inovatif dan efektif.
Menjadi guru yang menginspirasi punya prestasi dan penuh motivasi serta inovasi Berawal dari ketertarikan serta kepedulian akan sebuah kondisi saat ini Ketika ketertarikan peserta didik lebih beralih ke genggaman sebuah gadget dibandingkan dengan materi materi pelajaran yang harusnya masih mereka tekuni Alih alih untuk mencari sumber materi yang harus mereka pelajari akan tetapi lebih kepada hal hal yang bersifat sebatas menghibur diri Hal itu sudah menjadi tradisi maka di sinilah peran guru sebagai pendidik untuk bisa menyiasati Belajar bahasa utamanya bahasa Inggris sebagai bahasa asing bukanlah sesuatu yang mudah mengingat bahasa tersebut bukanlah bahasa ibu yang setiap hari dan waktu bisa ditemui Namun di satu sisi hal itu bisa menjadi tantangan tersendiri Permasalahan timbul ketika bahasa Inggris menjadi pelajaran yang harus mulai dipelajari sebagai salah satu mata pelajaran
Jumlah Halaman | 129 |
---|---|
Kategori | Pendidikan - Pendamping Pelajaran - Pengayaan |
Penerbit | CV Cakrawala Satria Mandiri |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6282-51-9 |
eISBN | proses |