HANDBOOK TEORI SOSIAL 31 TEORI TEORI KONSUMSI Teori masyarakat kontemporer yang serius tidak akan bisa mengabaikan pentingnya konsumsi Bukti signifikansi konsumsi tampak jelas pada Internet yang kini telah menjadi lambang masyarakat modern Awalnya dikembangkan untuk kompleks ilmu pengetahuan militer industri kini peranan Internet dalam produksi terkalahkan oleh peranannya dalam konsumsi Diperkirakan pada 1999 konsumen mengeluarkan 3840 miliar untuk Internet dan perusahaan yang mencurahkan seluruh perhatiannya pada konsumsi merupakan anak emas investor teknologi tinggi Ivey 1999 Ledakan industri yang terkait dengan Internet dan komputer berperan penting dalam ledakan perekonomian dan bursa saham yang belum pernah terjadi sebelumnya di Amerika dan di banyak negara maju lainnya yang memperoleh keuntungan besar pada 1999 Akhirnya kondisi ini menyulut revolusi konsumen di Amerika Serikat dan negara negara lain sebuah pesta pora konsumsi yang tak ada bandingannya dalam sejarah dunia Bentuk dan masa depan Internet atau masyarakat modern sebagai satu keseluruhan tidak dapat dimengerti tanpa terlebih dahulu memahami kekuatankekuatan konsumsi yang mendorongnya Namun tampaknya signifikansi konsumsi telah luput dari pandangan kebanyakan teoretikus sosial khususnya mereka di Amerika Serikat yang tetap menganut gagasan bahwa produksi dalam arti tradisionalnya masih merupakan aktivitas tunggal manusia yang paling fundamental 1 Meskipun begitu akhirnya ada tanda tanda tumbuhnya minat teoretis dan empiris pada studi konsumsi ini 2 Kini upaya di bidang konsumsi telah cukup maju sehingga kami dapat menawarkan sebuah gambaran luas mengenai perkembangannya Bahkan kami dapat mengajukan sebuah pendekatan yang mengintegrasikan kemajuan kemajuan teoretis ini menjadi awal sebuah teori konsumsi yang akan sangat diperlukan guna memahami apa yang sedang berlangsung di abad kedua puluh satu 817 1HANDBOOK TEORI SOSIAL 31 TEORI TEORI KONSUMSI Teori masyarakat kontemporer yang serius tidak akan bisa mengabaikan pentingnya konsumsi Bukti signifikansi konsumsi tampak jelas pada Internet yang kini telah menjadi lambang masyarakat modern Awalnya dikembangkan untuk kompleks ilmu pengetahuan militer industri kini peranan Internet dalam produksi terkalahkan oleh peranannya dalam konsumsi Diperkirakan ...pada 1999 konsumen mengeluarkan 3840 miliar untuk Internet dan perusahaan yang mencurahkan seluruh perhatiannya pada konsumsi merupakan anak emas investor teknologi tinggi Ivey 1999 Ledakan industri yang terkait dengan Internet dan komputer berperan penting dalam ledakan perekonomian dan bursa saham yang belum pernah terjadi sebelumnya di Amerika dan di banyak negara maju lainnya yang memperoleh keuntungan besar pada 1999 Akhirnya kondisi ini menyulut revolusi konsumen di Amerika Serikat dan negara negara lain sebuah pesta pora konsumsi yang tak ada bandingannya dalam sejarah dunia Bentuk dan masa depan Internet atau masyarakat modern sebagai satu keseluruhan tidak dapat dimengerti tanpa terlebih dahulu memahami kekuatankekuatan konsumsi yang mendorongnya Namun tampaknya signifikansi konsumsi telah luput dari pandangan kebanyakan teoretikus sosial khususnya mereka di Amerika Serikat yang tetap menganut gagasan bahwa produksi dalam arti tradisionalnya masih merupakan aktivitas tunggal manusia yang paling fundamental 1 Meskipun begitu akhirnya ada tanda tanda tumbuhnya minat teoretis dan empiris pada studi konsumsi ini 2 Kini upaya di bidang konsumsi telah cukup maju sehingga kami dapat menawarkan sebuah gambaran luas mengenai perkembangannya Bahkan kami dapat mengajukan sebuah pendekatan yang mengintegrasikan kemajuan kemajuan teoretis ini menjadi awal sebuah teori konsumsi yang akan sangat diperlukan guna memahami apa yang sedang berlangsung di abad kedua puluh satu 817 1