GEORGE RITZER DAN BARRY SMART 33 DASAR DASAR TEORI SOSIAL YANG MENUBUH Agak ironis bahwa tubuh telah menjadi objek studi yang diakui dan sangat populer dalam ilmu ilmu sosial sejak 1980 an Isu isu yang menjadi inti unsur pokok keagenan dan interaksi yang menubuh serta referen referen jasmani struktur struktur sosial tampak jelas pada cikal bakal pemikiran Barat dan masih mendapat tempat dalam perkembangan modern teori sosial Snell 1948 1960 Contoh di awal abad kedua puluh fondasi fondasi badani keagenan manusia dipelajari oleh Marcel Mauss 1934 1973 dalam analisisnya mengenai teknik teknik tubuh sedangkan fenomenologi Maurice MerleauPonty 1962 mengungkapkan tubuh kita melengkapi kita dengan keterbukaan wahana untuk mengalami dan sarana komunikasi kita dengan dunia Keprihatinan Erving Goffman 1963 pada kesamaan kosakata idiom tubuh menyoroti pengekangan yang dilakukan tatanan interaksi terhadap mereka yang berusaha mempertahankan diri sosial sebagai anggota masyarakat yang pantas secara moral sedangkan Max Weber 1968 975 sudah terlebih dahulu menganalisis ketergantungan struktur struktur birokrasi pada menghapuskan kasih sayang kebencian dan segala unsur yang murni pribadi irasional dan emosional dari urusan bisnis yang menjadi ciri hubungan hubungan menubuh Sebaliknya Emile Durkheim 1912 1995 menyoroti yang dianggapnya sebagai dasar dasar somatis abadi tatanan sosial dengan mengevaluasi semangat kolektif yang mengubah sekelompok individu menjadi komunitas orang yang dipersatukan oleh kesadaran kolektif yang mengikat secara moral Shilling dan Mellor 2001 Perkembangan tersebut terjadi sebelum penemuan tubuh yang mutakhir tetapi baru diterima secara perlahan sebagai kontribusi penting menuju program penelitian tentang dasar dasar menubuh dalam kehidupan sosial Hal ini sebagian disebabkan oleh dualisme pikiran tubuh ciri tradisi pemikiran Barat yang meminggirkan urusan 876 1GEORGE RITZER DAN BARRY SMART 33 DASAR DASAR TEORI SOSIAL YANG MENUBUH Agak ironis bahwa tubuh telah menjadi objek studi yang diakui dan sangat populer dalam ilmu ilmu sosial sejak 1980 an Isu isu yang menjadi inti unsur pokok keagenan dan interaksi yang menubuh serta referen referen jasmani struktur struktur sosial ...tampak jelas pada cikal bakal pemikiran Barat dan masih mendapat tempat dalam perkembangan modern teori sosial Snell 1948 1960 Contoh di awal abad kedua puluh fondasi fondasi badani keagenan manusia dipelajari oleh Marcel Mauss 1934 1973 dalam analisisnya mengenai teknik teknik tubuh sedangkan fenomenologi Maurice MerleauPonty 1962 mengungkapkan tubuh kita melengkapi kita dengan keterbukaan wahana untuk mengalami dan sarana komunikasi kita dengan dunia Keprihatinan Erving Goffman 1963 pada kesamaan kosakata idiom tubuh menyoroti pengekangan yang dilakukan tatanan interaksi terhadap mereka yang berusaha mempertahankan diri sosial sebagai anggota masyarakat yang pantas secara moral sedangkan Max Weber 1968 975 sudah terlebih dahulu menganalisis ketergantungan struktur struktur birokrasi pada menghapuskan kasih sayang kebencian dan segala unsur yang murni pribadi irasional dan emosional dari urusan bisnis yang menjadi ciri hubungan hubungan menubuh Sebaliknya Emile Durkheim 1912 1995 menyoroti yang dianggapnya sebagai dasar dasar somatis abadi tatanan sosial dengan mengevaluasi semangat kolektif yang mengubah sekelompok individu menjadi komunitas orang yang dipersatukan oleh kesadaran kolektif yang mengikat secara moral Shilling dan Mellor 2001 Perkembangan tersebut terjadi sebelum penemuan tubuh yang mutakhir tetapi baru diterima secara perlahan sebagai kontribusi penting menuju program penelitian tentang dasar dasar menubuh dalam kehidupan sosial Hal ini sebagian disebabkan oleh dualisme pikiran tubuh ciri tradisi pemikiran Barat yang meminggirkan urusan 876 1