Penilaian mengenai alokasi sumber daya langka di antara program pemerintah seringkali menjadi pusat perjuangan kelompok kepentingan yang intens yaitu politik Ukuran total anggaran dan alokasi dana dalam anggaran sering menjadi medan pertempuran pemilu untuk jabatan legislatif dan eksekutif di semua tingkat pemerintah Perang anggaran berlanjut setelah pejabat baru dilantik dan konflik jarang berakhir sepanjang masa jabatan mereka Penganggaran sebagai konflik politik sering mengarah ke pola yang disebut inkrementalisme yang ditandai oleh perubahan kecil tahun ke tahun dalam anggaran lembaga dan anggaran program Boyne Ashworth dan Powell 2000 Penyesuaian belanja semacam ini sering dipandang sebagai mencerminkan bukannya perubahan kondisi yang harus ditanggapi oleh pemerintah namun inersia yang dicampur dengan pergeseran kecil dalam keseimbangan kekuasaan di antara kelompok kepentingan yang berlawanan Selama lebih dari setengah abad kritikus berpendapat bahwa anggaran pemerintah harus dirumuskan dengan cara yang lebih baik daripada oleh inkrementalisme dan politik kelompok kepentingan Khususnya reformis telah mencoba menerapkan logika ekonomi pada penganggaran Gambaran Key tentang penganggaran sebagai penilaian mengenai cara sumber daya langka harus dialokasikan untuk menghasilkan keuntungan maksimum dalam utilitas sosial adalah contoh awal dari pendekatan ini 24 2 1 Reformis Berbasis Ekonomi versus Pragmatis Sejak Key menulis dan bahkan sebelumnya literatur tentang reformasi anggaran telah terbagi menjadi dua kubu Di satu sisi adalah reformis yang menganjurkan prosedur dan teknik yang mereka lihat sebagai menggerakkan keputusan anggaran menuju logika berbasis ekonomi rasional Melawan reformis ini adalah pragmatis yang berargumen dengan kata kata mantan Gubernur Alabama James E Folsom Sr Kita tidak dapat mengeluarkan politik dari politik Diterapkan pada reformasi anggaran diktum Folsom berarti bahwa setiap usaha untuk menjauhkan anggaran dari politik hanya mengubah tempat politik dari satu tempat seperti legislatif ke tempat lain seperti analis anggaran yang tidak dipilih yang bekerja untuk chief executive Penilaian mengenai jumlah yang harus dikeluarkan untuk kapal perang pendidikan dan ribuan pengeluaran lainnya secara inheren adalah sarat nilai berbasis kepentingan dan tidak dapat dikuantifikasi Adalah tugas cabang eksekutif dan legislatif untuk menyeimbangkan kekuatan politik ini untuk merumuskan anggaran Key 1940 hlm 1143 tampaknya berpihak pada pragmatis ketika ia berkata bahwa politik merupakan sejenis pasar dengan anggaran yang dihasilkannya mencerminkan konsensus sosial mengenai nilai relatif berbagai layanan Ia berpendapat bahwa sebelum para pembaru menjawab pertanyaan mendasar tentang bagaimana perbedaan diantara kepentingan politik harus diselesaikan perubahan mekanis dalam prosedur anggaran akan mempunyai sedikit pengaruh hlm 1137 Baik pragmatis maupun reformis berbasis ekonomi cenderung berasumsi bahwa politik anggaran dan pembuatan kebijakan dilakukan di dalam batas batasPenilaian mengenai alokasi sumber daya langka di antara program pemerintah seringkali menjadi pusat perjuangan kelompok kepentingan yang intens yaitu politik Ukuran total anggaran dan alokasi dana dalam anggaran sering menjadi medan pertempuran pemilu untuk jabatan legislatif dan eksekutif di semua tingkat pemerintah Perang anggaran berlanjut setelah pejabat baru dilantik dan konflik ...jarang berakhir sepanjang masa jabatan mereka Penganggaran sebagai konflik politik sering mengarah ke pola yang disebut inkrementalisme yang ditandai oleh perubahan kecil tahun ke tahun dalam anggaran lembaga dan anggaran program Boyne Ashworth dan Powell 2000 Penyesuaian belanja semacam ini sering dipandang sebagai mencerminkan bukannya perubahan kondisi yang harus ditanggapi oleh pemerintah namun inersia yang dicampur dengan pergeseran kecil dalam keseimbangan kekuasaan di antara kelompok kepentingan yang berlawanan Selama lebih dari setengah abad kritikus berpendapat bahwa anggaran pemerintah harus dirumuskan dengan cara yang lebih baik daripada oleh inkrementalisme dan politik kelompok kepentingan Khususnya reformis telah mencoba menerapkan logika ekonomi pada penganggaran Gambaran Key tentang penganggaran sebagai penilaian mengenai cara sumber daya langka harus dialokasikan untuk menghasilkan keuntungan maksimum dalam utilitas sosial adalah contoh awal dari pendekatan ini 24 2 1 Reformis Berbasis Ekonomi versus Pragmatis Sejak Key menulis dan bahkan sebelumnya literatur tentang reformasi anggaran telah terbagi menjadi dua kubu Di satu sisi adalah reformis yang menganjurkan prosedur dan teknik yang mereka lihat sebagai menggerakkan keputusan anggaran menuju logika berbasis ekonomi rasional Melawan reformis ini adalah pragmatis yang berargumen dengan kata kata mantan Gubernur Alabama James E Folsom Sr Kita tidak dapat mengeluarkan politik dari politik Diterapkan pada reformasi anggaran diktum Folsom berarti bahwa setiap usaha untuk menjauhkan anggaran dari politik hanya mengubah tempat politik dari satu tempat seperti legislatif ke tempat lain seperti analis anggaran yang tidak dipilih yang bekerja untuk chief executive Penilaian mengenai jumlah yang harus dikeluarkan untuk kapal perang pendidikan dan ribuan pengeluaran lainnya secara inheren adalah sarat nilai berbasis kepentingan dan tidak dapat dikuantifikasi Adalah tugas cabang eksekutif dan legislatif untuk menyeimbangkan kekuatan politik ini untuk merumuskan anggaran Key 1940 hlm 1143 tampaknya berpihak pada pragmatis ketika ia berkata bahwa politik merupakan sejenis pasar dengan anggaran yang dihasilkannya mencerminkan konsensus sosial mengenai nilai relatif berbagai layanan Ia berpendapat bahwa sebelum para pembaru menjawab pertanyaan mendasar tentang bagaimana perbedaan diantara kepentingan politik harus diselesaikan perubahan mekanis dalam prosedur anggaran akan mempunyai sedikit pengaruh hlm 1137 Baik pragmatis maupun reformis berbasis ekonomi cenderung berasumsi bahwa politik anggaran dan pembuatan kebijakan dilakukan di dalam batas batas