22 Bab 22 Kompetensi e Pemerintah Melihat Diluar Teknologi Tino Schuppan 22 1 E PEMERINTAH TANTANGAN KOMPETENSI BARU Dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya kerja administrasi publik semakin ditembus oleh teknologi informasi TI namun bentuk kolaborasi dan jaringan layanan baru antar organisasi telah muncul Ini membutuhkan keterampilan dan teknik baru untuk semua kelompok pegawai negeri administrasi publik Sampai saat ini dalam praktiknya topik ini masih dikaji dengan cara yang sangat didominasi TI Hal yang sama berlaku untuk komunitas ilmiah manajemen publik dan ilmu administrasi yang seringkali secara sepihak masih menganggap e pemerintah sebagai subjek TI Meskipun demikian dalam proyek praktis dan dalam pekerjaan seharihari administrasi publik semakin jelas bahwa diperlukan kompetensi baru yang melampaui penggunaan semata aplikasi TI atau bahkan spesialis dan pengetahuan alat TI Perubahan persyaratan kompetensi yang komprehensif untuk semua kelompok pegawai negeri dapat diharapkan dan sudah mulai terlihat Dalam praktik administrasi publik tuntutan baru pada staf bukanlah hal baru misalnya Manajemen Publik Baru menuntut pengetahuan manajerial dan khususnya metode metode terkait Meskipun demikian e pemerintah menetapkan standar baru dalam hal ini karena ia menuntut pengetahuan baru antar disiplin Ini berarti bahwa sudah tidak cukup lagi hanya memiliki pengetahuan khusus tentang manajemen atau TI pengetahuan yang sering ada dalam administrasi publik Sebaliknya karena struktur layanan baru pengetahuan antar disiplin baru dan kompetensi sosial serta kompetensi tambahan lainnya seringkali diperlukan Tujuan bab ini adalah mengidentifikasi dan menentukan kompetensi baru ini terutama yang terkait dengan pakar non TI Sampai saat ini kompetensi baru ini hampir tidak dibahas dalam perdebatan akademis Hanya beberapa artikel akademik yang membahas kompetensi atau keterampilan terkait e pemerintah dan bahkan ini seringkali tidak menjadi fokus 22 Bab 22 Kompetensi e Pemerintah Melihat Diluar Teknologi Tino Schuppan 22 1 E PEMERINTAH TANTANGAN KOMPETENSI BARU Dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya kerja administrasi publik semakin ditembus oleh teknologi informasi TI namun bentuk kolaborasi dan jaringan layanan baru antar organisasi telah muncul Ini membutuhkan keterampilan dan teknik baru untuk ...semua kelompok pegawai negeri administrasi publik Sampai saat ini dalam praktiknya topik ini masih dikaji dengan cara yang sangat didominasi TI Hal yang sama berlaku untuk komunitas ilmiah manajemen publik dan ilmu administrasi yang seringkali secara sepihak masih menganggap e pemerintah sebagai subjek TI Meskipun demikian dalam proyek praktis dan dalam pekerjaan seharihari administrasi publik semakin jelas bahwa diperlukan kompetensi baru yang melampaui penggunaan semata aplikasi TI atau bahkan spesialis dan pengetahuan alat TI Perubahan persyaratan kompetensi yang komprehensif untuk semua kelompok pegawai negeri dapat diharapkan dan sudah mulai terlihat Dalam praktik administrasi publik tuntutan baru pada staf bukanlah hal baru misalnya Manajemen Publik Baru menuntut pengetahuan manajerial dan khususnya metode metode terkait Meskipun demikian e pemerintah menetapkan standar baru dalam hal ini karena ia menuntut pengetahuan baru antar disiplin Ini berarti bahwa sudah tidak cukup lagi hanya memiliki pengetahuan khusus tentang manajemen atau TI pengetahuan yang sering ada dalam administrasi publik Sebaliknya karena struktur layanan baru pengetahuan antar disiplin baru dan kompetensi sosial serta kompetensi tambahan lainnya seringkali diperlukan Tujuan bab ini adalah mengidentifikasi dan menentukan kompetensi baru ini terutama yang terkait dengan pakar non TI Sampai saat ini kompetensi baru ini hampir tidak dibahas dalam perdebatan akademis Hanya beberapa artikel akademik yang membahas kompetensi atau keterampilan terkait e pemerintah dan bahkan ini seringkali tidak menjadi fokus