Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 15 Teori Domain Kognitif Sosial dan Pendidikan Moral Larry P Nucci University of Illinois at Chicago Apakah moralitas dalam waktu atau tempat tertentu Ia adalah apa yang saat itu dan di tempat itu disukai mayoritas dan amoralitas adalah apa yang tidak mereka sukai Alfred North Whitehead 17 Agustus 1941 Kutipan oleh Alfred North Whitehead di pembukaan bab ini dengan sinis mengungkapkan pandangan konvensional mengenai moralitas Kutipan tersebut adalah interpretasi moralitas yang didefinisikan oleh norma norma masyarakat yang secara diam diam telah memandu pendekatan tradisional pada pendidikan karakter Ryan 1989 yang kembali ke karya berpengaruh Emil Durkheim 1925 1961 Pandangan moralitas ini secara implisit mengandung teori sosialisasi yang menempatkan moralitas di luar anak dan menyerukan kepada agen agen sosialisasi seperti orang tua dan guru untuk menanamkan pada anak nilai nilai moral melalui keteladanan keterikatan emosi dengan kelompok dan penggunaan yang tepat penghargaan dan hukuman Meskipun perspektif penanaman ini memiliki sejarah panjang dan terus mempunyai pendukung Kilpatrick 1992 ia bertentangan langsung dengan pemahaman saat ini mengenai proses pendidikan di hampir setiap wilayah subyek akademik mulai dari bacaan Shanahan 2000 sampai matematika Carpenter Fennema Franke 1996 Schoenfeld 1994 Pandangan pembelajaran kontemporer berbasis penelitian ini melihat anak sebagai penerjemah aktif informasi dan pengalaman umum dan mendukung pendekatan konstruktivis pada pengajaran Sehingga ironis rasanya jika pendidikan karakter tradisional menyarankan para guru yang memperhatikan penelitian pendidikan untuk terlibat dalamSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 15 Teori Domain Kognitif Sosial dan Pendidikan Moral Larry P Nucci University of Illinois at Chicago Apakah moralitas dalam waktu atau tempat tertentu Ia adalah apa yang saat itu dan di tempat itu disukai mayoritas dan amoralitas adalah apa yang tidak mereka sukai Alfred ...North Whitehead 17 Agustus 1941 Kutipan oleh Alfred North Whitehead di pembukaan bab ini dengan sinis mengungkapkan pandangan konvensional mengenai moralitas Kutipan tersebut adalah interpretasi moralitas yang didefinisikan oleh norma norma masyarakat yang secara diam diam telah memandu pendekatan tradisional pada pendidikan karakter Ryan 1989 yang kembali ke karya berpengaruh Emil Durkheim 1925 1961 Pandangan moralitas ini secara implisit mengandung teori sosialisasi yang menempatkan moralitas di luar anak dan menyerukan kepada agen agen sosialisasi seperti orang tua dan guru untuk menanamkan pada anak nilai nilai moral melalui keteladanan keterikatan emosi dengan kelompok dan penggunaan yang tepat penghargaan dan hukuman Meskipun perspektif penanaman ini memiliki sejarah panjang dan terus mempunyai pendukung Kilpatrick 1992 ia bertentangan langsung dengan pemahaman saat ini mengenai proses pendidikan di hampir setiap wilayah subyek akademik mulai dari bacaan Shanahan 2000 sampai matematika Carpenter Fennema Franke 1996 Schoenfeld 1994 Pandangan pembelajaran kontemporer berbasis penelitian ini melihat anak sebagai penerjemah aktif informasi dan pengalaman umum dan mendukung pendekatan konstruktivis pada pengajaran Sehingga ironis rasanya jika pendidikan karakter tradisional menyarankan para guru yang memperhatikan penelitian pendidikan untuk terlibat dalam