Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter Handbook Pendidikan Karakterdan Mora vii v Kata Pengantar Ada kesepakatan luas bahwa sekolah harus memberi kontribusi bagi perkembangan moral dan pembentukan karakter siswa Saat ini 80 negara memikul amanat pendidikan Dukungan nyata pada pendidikan moral ini bagaimanapun menyelimuti kontroversi yang cukup besar seputar arti pendidikan moral atau karakter dan bentuk bentuk tindakan yang tepat yang akan menjadi wilayah pendidikan ini Sebagian dari apa yang sedang dipromosikan sebagai pendidikan moral atau karakter mempunyai sedikit dukungan penelitian dan masih terbatas pada pemasaran cerdik pemikiran pribadi para pendiri program Saat ini tidak ada sumber tunggal yang menyatukan penelitian dan kesarjanaan tentang perspektif dan pendekatan yang beragam pada pendidikan moral dan karakter Dengan demikian sulit bagi peneliti serta distrik distrik dan administrator sekolah untuk mendapatkan pegangan pada apa yang diketahui tentang perkembangan moral dan praktekpraktek sekolah yang efektif bagi pendidikan moral dan karakter Belum ada karya suntingan atau buku pegangan berkualitas tinggi tentang pendidikan moral sejak Kurtines dan Gewirtz menerbitkan 3 jilid karya mereka Handbook of Moral Behavior and Development pada tahun 1991 Dengan demikian belum ada buku pegangan di bidang ini selama lebih dari 20 tahun Handbook ini mengisi kesenjangan tersebut dengan mengumpulkan para sarjana dan peneliti terkemuka di bidangnya dalam sebuah buku 30 bab yang mencakup beragam perspektif tentang ranah pendidikan yang sangat penting ini Kami diminta oleh Akers Lane redaktur pendidikan tinggi di Lawrence Erlbaum and Associates untuk membuat buku ini sebagai pendamping buku terbitan Erlbaum yang sangat sukses Handbook on Moral Development Killen Smetana 2006 Sejak saat itu Erlbaum telah menjadi bagian dari kelompok penerbit Taylor and Francis dan Akers Lane tetap menjadi editor kami Dorongan dan antusiasme Lane pada proyek ini sejalan dengan komitmen 51 penulis yang ikut berkontribusi untuk membuat buku ini sebagai sumber yang berharga Handbook ini mencakup beberapa bab yang kaya yang meliputi topik topik beragam seperti dasar dasar historis dan filosofis pendekatan pada moralitas dan karakter struktur lingkungan kelas yang kondusif untuk menciptakan siswa yang adil dan peduli pembelajaran sosial dan emosi mental pendekatan kontemporer pada pendidikan moral dari usia TK sampai perguruan tinggi pendidikan moral dan karakter di luar kelas dan isu isu pengembangan profesi guru dan administrator yang mampu terlibat dalam tindakan yang efektif Buku pegangan ini ditujukan bagi para peneliti dan akademisi di bidang pembangunan sosial dan pendidikan moral dan karakter Karena masalah yangSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter Handbook Pendidikan Karakterdan Mora vii v Kata Pengantar Ada kesepakatan luas bahwa sekolah harus memberi kontribusi bagi perkembangan moral dan pembentukan karakter siswa Saat ini 80 negara memikul amanat pendidikan Dukungan nyata pada pendidikan moral ini bagaimanapun menyelimuti kontroversi yang cukup besar seputar arti pendidikan ...moral atau karakter dan bentuk bentuk tindakan yang tepat yang akan menjadi wilayah pendidikan ini Sebagian dari apa yang sedang dipromosikan sebagai pendidikan moral atau karakter mempunyai sedikit dukungan penelitian dan masih terbatas pada pemasaran cerdik pemikiran pribadi para pendiri program Saat ini tidak ada sumber tunggal yang menyatukan penelitian dan kesarjanaan tentang perspektif dan pendekatan yang beragam pada pendidikan moral dan karakter Dengan demikian sulit bagi peneliti serta distrik distrik dan administrator sekolah untuk mendapatkan pegangan pada apa yang diketahui tentang perkembangan moral dan praktekpraktek sekolah yang efektif bagi pendidikan moral dan karakter Belum ada karya suntingan atau buku pegangan berkualitas tinggi tentang pendidikan moral sejak Kurtines dan Gewirtz menerbitkan 3 jilid karya mereka Handbook of Moral Behavior and Development pada tahun 1991 Dengan demikian belum ada buku pegangan di bidang ini selama lebih dari 20 tahun Handbook ini mengisi kesenjangan tersebut dengan mengumpulkan para sarjana dan peneliti terkemuka di bidangnya dalam sebuah buku 30 bab yang mencakup beragam perspektif tentang ranah pendidikan yang sangat penting ini Kami diminta oleh Akers Lane redaktur pendidikan tinggi di Lawrence Erlbaum and Associates untuk membuat buku ini sebagai pendamping buku terbitan Erlbaum yang sangat sukses Handbook on Moral Development Killen Smetana 2006 Sejak saat itu Erlbaum telah menjadi bagian dari kelompok penerbit Taylor and Francis dan Akers Lane tetap menjadi editor kami Dorongan dan antusiasme Lane pada proyek ini sejalan dengan komitmen 51 penulis yang ikut berkontribusi untuk membuat buku ini sebagai sumber yang berharga Handbook ini mencakup beberapa bab yang kaya yang meliputi topik topik beragam seperti dasar dasar historis dan filosofis pendekatan pada moralitas dan karakter struktur lingkungan kelas yang kondusif untuk menciptakan siswa yang adil dan peduli pembelajaran sosial dan emosi mental pendekatan kontemporer pada pendidikan moral dari usia TK sampai perguruan tinggi pendidikan moral dan karakter di luar kelas dan isu isu pengembangan profesi guru dan administrator yang mampu terlibat dalam tindakan yang efektif Buku pegangan ini ditujukan bagi para peneliti dan akademisi di bidang pembangunan sosial dan pendidikan moral dan karakter Karena masalah yang