Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 8 Penelitian dan Praktek dalam Pendidikan Moral dan Karakter Dua Fenomena yang Berjauhan James S Leming Saginaw Valley State University Muatan ilmiah pendidikan terdiri dari sembarang materi pelajaran yang diseleksi dari bidang bidang lain memungkinkan pendidik baik administrator atau guru untuk melihat dan berpikir lebih jernih dan mendalam tentang apa yang ia lakukan Manfaatnya tidak untuk menyediakan tujuan baginya apalagi menyediakan aturan aturan siap pakai baginya Pendidikan adalah mode kehidupan mode tindakan Sebagai sebuah tindakan ia lebih luas daripada ilmu Dewey 1929 hlm 75 Sejak Edward Thorndike mempopulerkan penerapan metode penelitian perilaku pada bidang pendidikan pada awal abad keduapuluh pendidikan Amerika telah menganut keyakinan bahwa temuan dari penelitian pendidikan dapat membawa perbaikan dalam praktek pendidikan dengan memberi informasi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil Selama 100 tahun terakhir pendidikan karakter dan penelitian pendidikan telah menjadi penumpang dalam satu kapal Pada pergantian abad kedua puluh gerakan pendidikan karakter yang muncul sebagian besar bersandar pada perspektif filosofis dan fenomenologis untuk menentukan tujuan dan pedagoginya Metode awal yang dianjurkan oleh para pemimpin gerakan ini mengandalkan sebagian besar pada nasehat pembentukan kebiasaan dan penggunaan buku buku teks tokohtokoh inspirasi dari sastra dan sejarah Metode yang umumnya guru sentrisSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 8 Penelitian dan Praktek dalam Pendidikan Moral dan Karakter Dua Fenomena yang Berjauhan James S Leming Saginaw Valley State University Muatan ilmiah pendidikan terdiri dari sembarang materi pelajaran yang diseleksi dari bidang bidang lain memungkinkan pendidik baik administrator atau guru untuk melihat dan berpikir ...lebih jernih dan mendalam tentang apa yang ia lakukan Manfaatnya tidak untuk menyediakan tujuan baginya apalagi menyediakan aturan aturan siap pakai baginya Pendidikan adalah mode kehidupan mode tindakan Sebagai sebuah tindakan ia lebih luas daripada ilmu Dewey 1929 hlm 75 Sejak Edward Thorndike mempopulerkan penerapan metode penelitian perilaku pada bidang pendidikan pada awal abad keduapuluh pendidikan Amerika telah menganut keyakinan bahwa temuan dari penelitian pendidikan dapat membawa perbaikan dalam praktek pendidikan dengan memberi informasi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil Selama 100 tahun terakhir pendidikan karakter dan penelitian pendidikan telah menjadi penumpang dalam satu kapal Pada pergantian abad kedua puluh gerakan pendidikan karakter yang muncul sebagian besar bersandar pada perspektif filosofis dan fenomenologis untuk menentukan tujuan dan pedagoginya Metode awal yang dianjurkan oleh para pemimpin gerakan ini mengandalkan sebagian besar pada nasehat pembentukan kebiasaan dan penggunaan buku buku teks tokohtokoh inspirasi dari sastra dan sejarah Metode yang umumnya guru sentris